Waktu yang Tepat Memberi Vaksin Pada Puppy dan Kitten-mu

Memelihara puppy dan kitten adalah hal menyenangkan, namun sebelumnya kamu harus sadar bahwa mereka merupakan tanggung jawabmu sepenuhnya. Pastikan kamu selalu menyediakan segala kebutuhan baik dari segi kasih sayang maupun kesehatan. Poin terpenting dalam merawatnya ialah dengan mengutamakan kesehatannya, seperti vaksinasi. Tapi apakah kamu tau waktu yang tepat untuk memberikan vaksin untuk puppy atau kitten-mu?

PetLovers, kamu memang harus tau kapan waktu yang tepat untuk memberi vaksin pada puppy dan kitten-mu. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan imun yang cukup untuk mencegah berbagai penyakit. Pada dasarnya, puppy dan kitten mendapatkan antibodi dari colostrum, yaitu saat ibunya menyusui pada 72 jam pertama. Namun tidak semua dari mereka mendapat colostrum seperti puppy dan kitten yang ditinggal oleh ibunya.

Puppy dan kitten yang tidak atau kurang mendapat colostrum akan mudah untuk menerima vaksin karena antibodi yang rendah. Sebaliknya, puppy dan kitten yang mendapat colostrum cukup dari ibunya akan sulit untuk menerima vaksin.

Biasanya, puppy dan kitten dapat mudah menerima vaksin ketika berumur 16 minggu karena antibodi yang didapat dari ibunya sudah tidak efektif lagi. Walau banyak yang memberi vaksin pada puppy dan kitten ketika mereka berumur kurang dari 16 minggu, vaksin yang diberikan bukanlah vaksin yang lengkap karena semakin muda usia mereka, semakin sedikit pula vaksin yang bisa mereka dapatkan.

Mulai sekarang, perhatikanlah waktu jika kamu ingin memberi vaksin pada mereka. Jika mereka mendapat air susu langsung dari ibunya, maka kamu tidak perlu buru-buru untuk melakukan vaksinasi. Namun jika mereka mendapat atau bahkan tidak mendapat antibodi langsung dari ibunya, ada baiknya jika kamu konsultasi pada dokter.