Tips Merawat Kulit Kucing Sensitif

Merawat kucing persia atau jenis kucing peliharaan lain yang berbulu panjang memang sedikit rumit. Banyak dari mereka yang mempunyai kulit yang sensitif sehingga para pemiliknya harus merawat kucing dengan baik sekali. Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan kulit kucing yang rentan?

  • Gunakan shampoo khusus

Jika kamu sudah tau bahwa kucing kesayangan mempunyai kulit yang sensitif, gunakanlah shampoo khusus ketika memandikannya untuk menghindari alergi. Dengan begitu, kamu bisa lebih tenang karena kesehatan bulunya lebih terjaga.

  • Sikat bulunya setiap hari

Walau poin ini sering dilupakan oleh para pemilik hewan, tapi sebenarnya poin ini sangat penting untuk menjamin kesehatan bulunya. Bulu yang jarang di sisir akan meningkatkan intensitasnya untuk menjilati bulu. Menyikat bulu dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu rontok dan membuatnya menjadi lebih nyaman.

  • Bersihkan kandangnya

Menjaga kebersihan kandang juga merupakan kunci untuk menjaga kulit kucing yang sensitif. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel atau bulu-bulu yang rontok tidak menyebabkan terjadinya alergi atau penyakit kulit lain. Ingat, kucing dengan kulit sensitif butuh perawatan lebih bukan?

  • Beri gizi seimbang

Taukah kamu kalau memberi makanan yang berlebih dapat menyebabkan kulitnya alergi? Kucing memang hewan yang sangat suka makan. Namun, tetaplah jaga porsi dan frekuensi makannya agar tidak menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Pastikan makanannya mengandung serat dan Omega 3 yang cukup agar kesehatan bulu dan kulitnya bagus.

Selain empat poin di atas, jangan lupa untuk menjauhkan penyebab alergi seperti rumput, debu, dan benda asing lainnya. Jika ia tidak sengaja terkena sesuatu yang membuatnya terkena penyakit kulit, segera bawa ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan