Tips Merawat Kucing Berbulu Panjang

Banyak pecinta hewan yang sangat menyukai jenis-jenis kucing berbulu panjang. Ditambah lagi, sekarang jenis kucing peliharaan sangat beragam. Dari mulai Persia, Maine Coon, Anggora, dan lain-lain. Tapi, taukah kamu bahwa jenis kucing ini mempunyai kulit yang lebih sensitif serta perawatan bulu yang harus lebih diperhatikan dari pada kucing berbulu pendek? Bagaimana cara agar kesehatan bulu mereka tetap terjaga?

  • Kenali kucingmu

Berbeda jenis, berbeda juga kebutuhannya. Walau secara kasat mata terlihat sama, namun dari segi usia dan berat pasti tidak sama. Misalnya, kucing berkulit sensitif yang gemuk atau kucing senior akan mempunyai kebiasaan berbeda. Kucing yang gemuk biasanya saja rajin untuk menjilati bulunya, tapi dia akan kesulitan untuk mencapai bagian belakang badannya sehingga butuh bantuanmu untuk membantu menjaga kebersihan. Begitu juga dengan kucing senior yang sudah malas untuk bergerak.

  • Pilih sisir yang tepat

Ada berbagai jenis sisir yang bisa digunakan untuk merawat bulu kucingmu. Gunakan sikat bergigi jarang untuk menghilangkan bulu halus yang rontok dari badannya. Cara ini bisa membantu kucingmu untuk mengurangi bulu yang tidak sengaja masuk ke dalam pencernaannya dan menyebabkan hairball.

  • Sikat bulunya setiap hari

Walau banyak yang memelihara jenis kucing berbulu panjang, mereka sering lupa untuk menyikat bulunya. Padahal, hal ini penting lho untuk menjaga kulit sensitif mereka agar tetap sehat. Selain itu, pencernaan juga lebih terjaga dan membuat rumah kamu tetap bersih. Jadi, mulai kebiasaan baik ini sekarang juga ya.

  • Berikan makanan berkualitas

Makanan adalah awal dari kesehatan manusia, begitu juga dengan kucing. Pilihlah makanan dengan kualitas baik yang dapat memenuhi nutrisi jenis kucing peliharaan. Kamu bisa berikan PRO PLAN HOUSE CAT yang gizinya sudah menyesuaikan dengan kucing kesayanganmu di rumah.

Tidak sulit bukan? Yang utama adalah selalu konsisten dalam merawat jenis kucing berbulu panjang. Jika kamu tidak merawat bulu mereka dengan baik, kucingmu bisa saja terkena penyakit lain lho.