Tips Merawat Jenis Kucing Berbulu Pendek

Tidak seperti merawat kucing anggora atau jenis kucing berbulu panjang lainnya, merawat kucing dengan bulu pendek memang lebih sederhana dan cocok untuk kamu yang sering sibuk di luar.  Dari mulai cara memandikan kucing, memotong kuku kucing, merawat bulu, pasti tidak akan terlalu menyita waktu. Walaupun begitu, kamu harus merawat kucing dengan baik ya. Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika kamu memelihara kucing berbulu pendek dan berkulit sensitif?

  • Berikan perhatian

Walau jenis kucing berbulu pendek seperti kucing domestik atau kucing British Shorthair termasuk kucing yang mandiri, bukan berarti mereka tidak butuh kamu ajak main lho. Tetap luangkan waktu untuk mengajaknya bermain agar hubungan kalian terjaga dengan baik.

  • Mandikan dengan teratur

Semua jenis kucing harus mempunyai frekuensi mandi yang teratur. Ini penting untuk menjaga kulit dan bulunya tetap bersih dan jauh dari penyakit, terlebih jika kulit kucingmu rentan terhadap alergi. Jika kamu tidak ada waktu untuk membawanya ke Pet Shop, kamu bisa belajar cara memandikan kucing di rumah dari dokter hewan. Tentunya harus dengan shampoo khusus kucing ya.

  • Berikan treat

Tidak ada kucing yang tidak suka dengan treat. Berikan ia treat setiap hari agar tidak bosan dengan makanannya. Hal ini juga menghindarinya dari kelaparan dan memakan makanan yang ada di rumah kamu. Bisa berbahaya bukan?

  • Berikan minum cukup

Untuk menghindarinya dari dehidrasi ketika kamu sedang keluar rumah, pastikan tempat minumnya selalu terisi air. Jangan lupa untuk ganti air minumnya setiap hari ya, karena sama seperti manusia kucing pun tidak akan mau minum jika air yang ada di dalamnya kotor.

Tidak sulit bukan? Jenis kucing berbulu pendek memang tidak terlalu butuh perawatan yang besar. Namun, jika kucingmu mempunyai kulit yang sensitif, tetap perhatikan dan jaga kondisi tubuhnya agar menghindari dari penyakit-penyakit kucing yang tidak diinginkan.