Tips Melatih Behavior Kucing

Ada banyak cara melatih kucing maine coon atau jenis kucing berbulu panjang lain agar mempunyai behavior yang baik. Kunci utamanya, biasakan mereka untuk melakukan apa yang kamu minta sejak usia dini atau saat mereka masih menjadi anak kucing. Dengan begitu, mereka juga akan mengetahui kebiasaan manakah yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Untuk tau lebih lanjut, yuk baca ulasannya di sini.

  •  Siapkan tempat

Langkah awal yang harus kamu siapkan untuk melatih anak kucing adalah menyiapkan tempat dan wadah yang cocok untuk belajar. Misalnya, jika kamu ingin melatihnya melompat, siapkan cat tree atau beberapa benda yang bisa mendukungnya seperti boks bekas. Belajar jadi lebih menyenangkan, bukan? ini penting agar anak kucing menjadi lebih semangat untuk melakukan aktivitas yang kamu berikan.

  •  Jangan terlalu keras

Beda halnya dengan anjing, kucing memang bukan hewan yang cepat mengerti apa yang kamu perintahkan. Walau begitu, jangan berlaku keras atau menghukumnya karena kucing adalah hewan yang sensitif. Jika kamu melakukan ini di awal melatih anak kucingmu, mereka bisa saja merasa stres dan tidak ingin lagi melakukan hal tersebut.

  • Berikan treat

Jika anak kucingmu berhasil melakukan apa yang kamu minta, berikan ia treat sebagai reward keberhasilannya. Ini dilakukan agar ia tau yang ia lakukan adalah benar. Kalau ia tidak berhasil melakukan yang kamu perintahkan, jangan berikan treat walau ia meminta. Melainkan ulangi lagi dan jangan menghukumnya ya.

Tips tersebut bukan hanya cara melatih kucing maine coon atau jenis kucing berbulu panjang, tapi jika kamu mempunyai jenis kucing lokal ini tetap bisa dilakukan. Yang penting adalah untuk selalu disiplin melakukan latihan ini agar behavior atau tingkah laku mereka terbentuk dengan baik.