Tindakan yang Wajib Saat Kucing Susah BAB

Selamat sore,

Kucing saya sering bolak-balik ke liter box. Tapi, setelah saya cek, ternyata tidak ada bekas pup di pasirnya.  Pertanyaan saya, kenapa ya kucing saya seperti susah buang air kecil dan BAB? Tindakan apa yang harus saya lakukan? Dan obat atau makanan apa yang harus saya berikan?
Jenis kelamin kucing saya betina. Sudah proven 2 kali.

(Husen Azhari lewat Fan Page Pro Plan Indonesia)

Jawaban:

Jika frekuensi kucing kamu ke litter box meningkat tetapi terlihat tidak ada urin (air seni) maupun feses (kotoran) dalam litter box-nya, bisa jadi menandakan kucing kamu mengalami gangguan. Gangguan ini bisa terdapat di saluran pencernaannya atau pun di saluran urogenital-nya (organ-organ yang masuk bagian sistem kemis & reporduksi). Hal ini bisa ditinjau terutama jika kucing tersebut terlihat kesakitan saat merejan. Sebaiknya periksakan segera ke dokter hewan.

Jika kucing kamu mengalami gangguan di saluran pencernaan, segera berikan makanan yang mengandung natural prebiotic fiber yang bersumber dari chicory root yang medukung kesehatan saluran pencernaan. Seperti memberikan new Pro Plan OPTIRENAL (Delicate) yang diformulasikan untuk kucing dengan pencernaan sensitif.

Jika kucing kamu mengalami gangguan di saluran urinary, berikan makanan yang mampu menjaga kesehatan saluran kemih dengan mengurangi pH urin.

Narasumber:

drh. Tika L Putri, praktik di RS Hewan Ragunan, Jakarta Selatan