Tanda-Tanda Kehamilan pada Kucing Oleh Drh. Tika Lina Putri

Banyak orang awam  belum tahu kapan tepatnya kucing betina mengalami birahi. Umumnya, kucing betina pertama kali menunjukkan gejala birahi pada usia sekitar 6 bulan. Walaupun demikian, usia yang baik untuk mengawinkan kucing betina yaitu di atas 1 tahun. Sedangkan periode kehamilan pada kucing sendiri yaitu 58-63 hari (9 minggu). Yuk, ketahui tanda-tanda kehamilannya.

  1. Puting terlihat berwarna makin merah muda dan membesar. Perubahan ini biasanya terlihat pada usia kehamilan 15-18 hari, namun pembesaran pada puting tidak hanya menandakan kucing betina hamil karena birahi dan beberapa penyakit juga bisa ditandai dengan gejala ini.
  2. Perut terlihat lebih besar dan tegang. Jumlah anak yang dikandung akan mempengaruhi pembesaran yang terjadi pada perut kucing.
  3. Morning sickness. Beberapa kucing mengalami gejala mual dan muntah selama hamil.
  4. Kucing cenderung lebih banyak makan dan tidur.
  5. Kucing akan mencari tempat ‘bersarang’ menjelang waktu melahirkan.

Selain tanda-tanda tersebut, untuk memastikan apakah kucingmu hamil/tidak, sebaiknya bawa kucingmu ke dokter hewan untuk memastikan adanya janin atau tidak dengan melakukan USG. USG dapat memperlihatkan detak jantung janin sejak usia kehamilan 20 hari. Jika usia kehamilan sudah di atas 45 hari, kamu bisa meminta dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan dengan X-ray supaya kamu bisa mengetahui posisi dan ada berapa anak yang akan lahir nantinya.

Jadi, jika kucingmu memperlihatkan tanda-tanda di atas, sebaiknya cek ke dokter hewan untuk segera mengetahui keadaannya ya, PetLovers. Jangan sampai kamu melewatkan pemeriksaan tersebut agar kehamilannya terjaga ya.