Perhatikan Hal Ini Ketika Menyapih Hewan Kesayangan

Peran air susu induk puppy atau kitten-mu memang sangat baik bagi pertumbuhannya. Tetapi, seiring waktu berjalan mereka pun harus lepas dari meminum susu langsung dari ibunya atau dapat juga disebut dengan menyapih. Kira-kira bagaimana dan apa yang harus dilakukan ketika menyapih puppy atau kitten-mu?

  • Ketahui waktu yang tepat

Sebelum kamu menyapih mereka, ketahuilah waktu yang tepat untuk memisahkan mereka dari induknya. Waktu yang tepat biasanya ketika mereka berusia 1 bulan. Pada masa ini, puppy atau kitten biasanya sudah aktif beraktivitas. Mulailah perkenalkan mereka dengan makanan khusus puppy dan kitten.

  • Pisahkan dari induknya secara perlahan

Penting untuk diperhatikan, jangan memisahkan mereka dari induknya secara langsung dengan waktu yang lama. Terlalu cepat atau terlalu lama menyapih mereka juga tidak baik untuk puppy atau kitten-mu dan juga induknya karena dapat menimbulkan masalah dari segi tingkah laku dan juga kesehatan. Waktu menyapih yang tidak tepat bisa membuat puppy atau kitten-mu sulit untuk diatur dan juga memungkinkan timbulnya masalah pencernaan. Pisahkan mereka secara perlahan dengan membiarkan mereka bermain dan mengeksplorasi lingkungannya. Dengan cara itu, ia akan mulai terbiasa jauh dari ibunya sampai akhirnya mandiri.

  • Berikan makanan terbaik

Setelah berhasil menyapih puppy atau kitten-mu, pastikan kamu memberi makanan dengan nutrisi baik agar tumbuh kembang mereka optimal. Jika mereka masih berumur 1 bulan, kamu bisa mencampurkan air dengan makanan mereka agar mudah untuk dimakan. Jika kamu bingung untuk memilih makanan berkualitas, kamu bisa pilih PRO PLAN OPTISTART. Dengan kibble yang menyesuaikan usia dan ukuran mereka, PRO PLAN OPTISTART juga mengandung banyak nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.