Pahami Periode Kehamilan Kucing Agar Tidak Panik

Assalammualaikum... siang, Dok, mau tanya nih. Kucing saya lagi hamil 32 hari. Apa saja yang harus saya lakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang ada di dalam perut induknya? Satu lagi, sampai saat ini, kok perutnya belum kelihatan besar ya?

(Hajar Nur Hayati lewat Fan Page PRO PLAN Indonesia)

Jawaban:

Waalaikumsalam… sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita bahas soal periode kebuntingan pada kucing. Tujuannya agar kamu tidak kaget dengan perubahan karakter mereka.

Periode Kehamilan Kucing

Rata-rata lama mereka menghabiskan 63-65 hari atau sekitar 9 minggu. Dalam periode tersebut, terdapat banyak perubahan yang harus PetLovers pahami.

  • Minggu pertama & kedua: tanda kebuntingan belum terlihat.
  • Minggu ketiga: warna merah muda pada nipple atau putting susu terlihat lebih jelas.
  • Minggu keempat: nipple dan perut kucing mulai membesar. Nafsu makan pun meningkat.
  • Minggu kelimat & keenam: lebih manja & malas gerak. Fetus atau janin bisa diraba di bagian perut induknya. Tapi tidak semua kucing nyaman saat dipegang perutnya. Sediakan makanan karena mereka akan terus makan meski dalam porsi sedikit-sedikit.
  • Minggu ketujuh: kucing mulai sering buang air kecil karena berkembangnya ukuran fetus. Ukuran janin yang membesar membuat tekanan pada kantung kencing kucing kamu.
  • Minggu kedelapan: mulai berkeliling untuk mencari tempat melahirkan.

Khusus untuk minggu kedelapan, sebaiknya PetLovers mempersiapkan tempat yang redup & tidak ramai agar dia lebih nyaman. Selain itu, periksakan kucing kamu ke dokter hewan untuk mengontrol kondisi fetusnya.

  • Minggu kesembilan: PetLovers harus melakukan observasi untuk melihat tanda kelahiran.
  1. Stage I: suhu tubuh mulai turun (37.8-38.3 0C), kucing tidak mau makan, sering menjilat area kelaminnya dan berdiam pada lokasi untuk melahirkan.
  2. Stage II: kucing akan mulai kontraksi, kantung amnion (selaput paling dalam yang mengelilingi janin), akan terlihat keluar dari alat kelaminnya, tampak seperti balon transparan berisi air, lalu fetus akan terdorong keluar.  Stage III: placenta akan keluar. Kucing akan memakan placenta tersebut dan membersihkan anaknya sebelum mulai kontraksi lagi. Jika dalam 5-8 jam kucing kamu tidak melahirkan walaupun sudah muncul tanda-tanda melahirkan, segera bawa ke dokter hewan.

Nutrisi yang Dibutuhkan

Nutrisi yang diperlukan pada saat kucing kucing bunting sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah kalori yang masuk untuk pertumbuhan kitten serta produksi susu induk
  2. Meningkatkan jumlah protein untuk pertumbuhan dan perkembangan kitten
  3. Meningkatkan jumlah fat untuk memenuhi kebutuhan kalori yang tinggi pada induk
  4. Meningkatkan asupan kalsium dan phosphor untuk pertumbuhan tulang kitten dan produksi susu induk

Kucing yang sedang bunting membutuhkan pakan yang mudah dicerna dalam jumlah yang kecil dengan jumlah kalori yang lebih banyak. Sehingga disarankan untuk memberikan produk kitten pada saat kucing sedang bunting. Energi yang dibutuhkan kucing yang sedang bunting yaitu 2-6 kali lebih banyak dari kucing dewasa normal.

Tambahan supplement tidak dibutuhkan jika pakan yang kamu berikan sudah memiliki nutrisi yang lengkap. Produk pakan yang bisa kamu berikan PRO PLAN Kitten with OPTISTART yang dapat men-supply kebutuhan energi kucing kamu, menjaga daya tahan tubuhnya serta mendukung kesehatan mata, otak, tulang dan otot.

Pustaka: Small Animal Clinical Nutrition, 4th Edition. 2000. Reproducing Cats; Pregnancy.

Narasumber: drh. Tika L. Putri, praktik di RS Hewan Ragunan, Jakarta Selatan.