Merawat Kucing dengan Penyakit Ginjal di Rumah

Sakit ginjal pada kucing memang bisa dihindari. Tapi, bagaimana jika kucingmu sudah terkena penyakit ini? Hal apa saja yang harus diketahui lebih dulu dan yang harus dilakukan?

Walau biasanya penyakit kucing ini biasa dialami kucing senior, bukan tidak mungkin kucing yang masih junior terkena sakit ginjal. Jadi, kamu harus mulai waspada dengan kesehatannya sejak dini.

1.  Ketahui tingkat penyakitnya

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah seberapa parah penyakit ginjal yang ia derita? Pada kucing yang masih pada tingkat awal sakit ginjal biasanya mengalami produksi urine yang lebih besar dari biasanya. Ini terjadi karena kucing sudah merasa sulit untuk menahan air yang ada di dalam tubuhnya, sehingga ia terus menerus buang air dan terjadi dehidrasi.

2. Meningkatnya frekuensi muntah

Tak hanya frekuensi buang air yang bertambah, tapi frekuensi ia muntah pun juga semakin meningkat. Ini terjadi karena fungsi ginjal sudah tidak sepenuhnya normal sehingga kucingmu semakin sering muntah dan berakibat penurunan berat badan secara drastis.

3. Beri makanan sesuai dengan kebutuhan

Jika kucing kamu mengalami hal di atas, sebaiknya kamu mulai memperhatikan makanan yang akan ia konsumsi. Berikan kucing kesayanganmu makanan mengandung protein yang mudah dicerna agar tidak memaksa ginjal kucingmu bekerja lebih berat. Selain itu, pilihlah makanan yang memang diperuntukkan bagi kesehatan ginjal seperti PRO PLAN dengan OPTIRENAL yang dapat membantu memelihara kesehatan ginjal.

Kamu juga bisa memberi air pada makanannya untuk memperlunak tekstur. Ini dilakukan agar ia bisa mencerna makanannya dengan lebih mudah. Tetap beri mereka makan sebagai mana biasanya untuk mencegah penurunan berat badan yang drastis.

4. Periksakan ke dokter

Jika kondisi kucingmu tidak ada perubahan atau bahkan lebih buruk, segera konsultasikan pada dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut. Seperti yang sudah diketahui, beri pengobatan yang memang dibutuhkan. Biasanya, dokter menganjurkan beberapa obat untuk dikonsumsi oleh kucingmu. Kalau kucingmu mengalami tekanan darah tinggi, jangan panik karena ini adalah dampak dari penyakit ginjal. Tetap perhatikan kondisinya dan konsultasi pada ahlinya agar tidak salah langkah ya, PetLovers.