Makanan Kucing yang Bagus untuk Mencegah Masalah Pada Saluran Kencing

Pernahkah kucing PetLovers mempunyai masalah pada saluran kencingnya? Tahukah kamu kalau pencegahannya bisa dilakukan dengan memberikan makanan yang bagus untuk kucing untuk menjaga kesehatan saluran kencing. 

Nah, masalah saluran kencing ini, sangat menarik untuk dibahas di artikel ini, PetLovers. Kenapa?

Karena diperkirakan banyak kucing yang diperiksa oleh dokter hewan, mempunyai masalah pada saluran kencing, baik infeksi saluran kencing hingga penyumbatan.

Yuk kita bahas satu persatu. Kita mulai dulu dari tanda-tanda kucing mengalami masalah pada saluran kencing, hingga nantinya akan sampai pada pembahasan rekomendasi makanan yang bagus untuk kucing dengan masalah seperti ini.

Tanda-tanda Saluran Kencing Kucing Bermasalah

Ada beberapa tanda yang bisa PetLovers lihat untuk mengecek apakah saluran kencing kucing bermasalah atau tidak. Seperti:

1. Kencing dalam Jumlah yang Sedikit 

Coba amati kucing PetLovers. Jika menghabiskan waktu cukup lama di atas litter box, tapi ternyata dia hanya mengeluarkan sedikit air kencing (dan kejadian ini terulang berkali-kali selama beberapa hari berikutnya), sebaiknya langsung konsultasikan masalah ini dengan dokter hewan terdekat karena ada kemungkinan kucing PetLovers mengalami masalah pada saluran kencing.

2. Terlihat Kesakitan

Selain air kencing sedikit, biasanya kucing juga terlihat kesakitan (terlihat me-ngeong kesakitan) saat buang air kecil. Untuk itu, selalu perhatikan kebiasaan kucing saat dia ‘beraktivitas’ di atas litter box. Jika ada sesuatu yang janggal, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter hewan. 

3. Sering Menjilati Area Kelamin

Jika kucing sering menjilati area kelamin lebih sering dari biasanya, bisa jadi karena kucing PetLovers mengalami masalah pada saluran kencing. Kenapa kucing menjilati area kelaminnya? Karena rasa sakit akibat penyempitan pada uretra (saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih).

Selain tiga tanda di atas, PetLovers juga bisa mengamati dari tanda-tanda berikut:

  • Terdapat darah (yakni pipis atau urinnya berdarah ketika kencing).
  • Kucing terlihat cemas dengan mondar-mandir ke area litter box.
  • Terlihat lemas.
  • Terlihat mengejan saat kencing.
  • Kurang nafsu makan (jika sudah dalam kondisi seperti ini, segera berikan makanan yang bagus untuk kucing dengan aroma yang kuat untuk meningkatkan nafsu makannya).

Jika gejala-gejala ini muncul, jangan biarkan berlarut-larut. Segera periksakan kucing kesayangan ke dokter hewan.

Penyebab Saluran Kencing Bermasalah

Penyebab saluran kencing bermasalah bisa beragam mulai dari berat badan berlebih hingga infeksi bakteri. Kucing dengan kelebihan berat badan, sangat berpotensi mengalami masalah saluran kencing. Kenapa? Karena biasanya mereka jadi malas bergerak sehingga berimbas pada kesehatan saluran kencingnya. 

Untuk kucing senior, potensi terkena masalah saluran kencing lebih besar daripada kucing yang lebih muda. 

Cara Mencegah Masalah Saluran Kencing Pada Kucing

Pastikan kucing kesayangan PetLovers selalu cukup minum. Karena kurangnya asupan air dapat berakibat buruk pada saluran kencing. Di saat yang sama, kucing mengalami kesulitan melihat air yang tenang di dalam mangkuk karena penglihatan jarak dekatnya lebih lemah dibanding penglihatan jarak jauh. Selain itu, stimulus atau rangsangan rasa haus pada kucing lebih rendah dibandingkan anjing sehingga dapat terjadi kurangnya asupan air untuk tubuh kucing.

Oleh karena itu, wajar jika kucing lebih menyukai minum dari air mengalir daripada air yang tenang. Saat ini sudah banyak tersedia tempat minum yang didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan air di dalam wadah tersebut mengalir seperti yang ada di gambar berikut.

 

Makanan bagus untuk kucing

Tidak cukup di situ saja, PetLovers. Untuk menjaga kesehatan saluran kencing kucing, perlu diberikan makanan yang bagus untuk kucing yang dapat mendukung kesehatan saluran kencingnya seperti Pro Plan Wet Urinary Tract Health. Kenapa? Yuk simak manfaatnya:

  1. Meningkatkan kemampuan penyerapan air untuk mendukung pengenceran urin dan kesehatan saluran kencing.
  2. Dengan asam lemak omega 3 untuk melindungi saluran kemih dari peradangan.
  3. Antioksidan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.
  4. Mengandung serat inulin untuk mendukung penyerapan nutrisi yang unggul.

Pro Plan Wet Urinary Tract Health

Sebagai informasi tambahan, Pro Plan Wet Urinary Tract Health mengandung kadar air 80%, protein 12,2%, lemak 3.2%, serat 0.3% dan energi termetabolisme (ME) 85kcal;/100g yang sudah dibuat sesuai standar Association of American Feed Control Officials (AAFCO).

Jadi, sudah tau makanan bagus untuk kucing untuk mencegah masalah saluran kencing pada kucing? Yuk share artikel ini ke media sosial masing-masing dan mention PetLovers yang lainnya.