Kerontokan Bulu pada Kucing

Pertanyaan:

 Halo drh Lynn mau tanya dok knp Kucing saya bulunya rontok padahal dia blm siap kawin masih kecil umur 5 bln trmksih dok sblmnya?

Sama halnya seperti manusia, hewan juga pasti akan mengalami kerontokan rambut. Jadi, sampai batasan tertentu kerontokan pada hewan peliharaan adalah normal. Yang perlu dikhawatirkan adalah apabila kerontokan tersebut menyebabkan permukaan kulit menjadi pitak-pitak, merah, bengkak, gatal, berkerak, luka, dan sebagainya.

Ada beberapa faktor yang membuat bulu kucing rontok. Penyebabnya antara lain adalah:

  1. Jamur
  2. Bakteri
  3. Parasit
  4. Alergi
  5. Stress (overgrooming)
  6. Hormonal

Apabila terdapat sesuatu yang tidak biasa pada kulit kucingmu atau kerontokan yang menyebabkan adanya kepitakan, sebaiknya cepat bawa kucing peliharaanmu ke dokter hewan. Hal ini penting agar dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan kulit dan mengetahui penyebabnya. Selain itu, biasanya dokter hewan juga akan memberi pengobatan yang tepat bergantung pada penyebab kerontokan bulu yang terjadi pada kucingmu.

Apabila diketahui penyebabnya adalah alergi atau memang kulit yang sensitif, kamu bisa memberikan PRO PLAN Derma Plus yang diperuntukkan pada kucing yang mempunyai kulit sensitif untuk membantu menjaga kondisi kesehatan bulu dan kulit. Selain itu, PRO PLAN juga mengandung prebiotik dan omega 3 dan 6 yang sangat baik.