Kenali Penyakit Kucing yang Sering Menyerang

Kenali Penyakit Kucing yang Sering Menyerang

Mempunyai kucing memang menyenangkan. Ditambah kucing adalah hewan yang manja dan mencintai kebersihan. Walau demikian, sebagai PetLovers kamu harus mengetahui berbagai macam penyakit kucing yang sering menghampiri kucingmu.  

  • Muntah

Beberapa orang menganggap muntah adalah hal wajar, namun sebenarnya muntah membuat mereka mudah dehidrasi. Biasanya kucing mengalami ini ketika mereka makan terlalu cepat, makan rumput, juga ukuran makanan yang tidak sesuai. Tapi, perlu kamu ketahui apakah muntah tersebut normal atau tidak karena bisa jadi kucingmu mengalami gangguan. Kalau kucingmu muntah setiap hari (termasuk hairball) disertai perut bergerak naik turun dan lidah menjulur seperti kehausan, lebih baik cepat hubungi dokter hewan untuk pemeriksaan.

  • Diare

Banyak yang tidak menyadari kalau diare bisa membahayakan kesehatannya. Penyebab diare adalah alergi, parasit, terlalu banyak makan, infeksi, dan lain-lain. Jika sahabat kaki empatmu mengalami hal ini, berikan banyak air bersih agar tidak dehidrasi dan jangan berikan makanan dulu selama kurang lebih 12 jam.

  • Sakit mata

Sakit mata biasanya disebabkan karena adanya virus dan bakteri. Biasanya, penyakit ini ditandai dengan mata berair, penuh kotoran di bagian sudut, serta seringnya menggaruk-garuk mata. Kalau kucingmu memulai kebiasaan ini, bersihkanlah matanya dengan cotton ball yang sedikit basah untuk menghilangkan kotoran.

  • Saluran kemih

Bisa dialami oleh kucing betina dan jantan, penyakit ini sering dialami oleh kucing obesitas. Penyakit ini ditandai oleh sulit kencing, menjilat kemaluan, kencing berdarah. Penyakit kucing ini menyebabkan depresi pada kucingmu, jadi segera bawa mereka ke dokter kalau teman berbulumu mengalami hal ini ya.

  • Kutu

Penyakit ini memang tidak terdengar serius, tapi jika tidak cepat tanggap hal ini dapat menyebabkan anemia karena kutu bisa tinggal dalam waktu yang lama. Ciri-ciri adanya kutu seperti muncul bintik hitam, sering menggaruk dan menjilat bulu, iritasi, dan bulu rontok. Jangan lupa untuk konsultasikan pada dokter hewan treatment apa yang cocok untuk mereka ya.

Nah, 5 penyakit kucing tersebut adalah penyakit yang paling umum terjadi pada sahabat kaki empatmu. Ayo mulai lebih menaruh perhatian pada kebiasaan-kebiasaannya agar terhindar dari penyakit tersebut. Kalau masih berlanjut jangan menunda untuk mengunjungi dokter hewan ya, PetLovers.