Kenali Macam-macam Penyebab Kucing Muntah

Banyak PetLovers yang bertanya mengenai penyebab muntah yang terjadi pada kucing anggora atau ras kucing lainnya. Ada yang menganggap karena makanan kucing anggora yang diberikan berikan untuk kucing kurang cocok, tapi sebenarnya bukan itu jawabannya, PetLovers.

Banyak faktor yang menyebabkan kucing muntah. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut.

Tanda-tanda Kucing Muntah

Kucing muntah biasanya terlihat ketika dia ingin mengeluarkan sesuatu dari mulutnya diikuti dengan suara dari tenggorokan kucing tersebut. Hal ini tentu karena dia merasa tidak nyaman dengan saluran pencernaannya, atau bisa juga karena ada sesuatu yang mengganggu di bagian tenggorokan.

Penyebab Kucing Muntah

Ada beberapa faktor. Seperti:

  • Kebiasaan makan

Ada beberapa kucing yang punya kebiasaan makan yang terlalu cepat atau langsung beraktivitas tinggi selesai makan. Kebiasaan ini dapat memicu kucing muntah. Untuk itu, saat memberikan makanan kucing anggora atau ras lainnya, perhatikan juga kebiasaan makan mereka ya, PetLovers. Jika terlalu cepat, PetLovers bisa mengangkat tempat makan sebentar agar mereka menelan makanan yang ada di mulutnya terlebih dahulu.

  • Hairball

Nah, masalah ini apakah sering terjadi pada kucing PetLovers? Hairball adalah kondisi ketika kucing memuntahkan gumpalan rambut khususnya untuk kucing berambut panjang atau kucing anggora hal ini lebih sering terjadi. Oleh karena itu makanan kucing anggora atau ras panjang lainnya harus mengandung formula khusus yang bisa mengatasi hairball.

Kenapa hairball bisa terjadi? Karena kucing memiliki kebiasaan self grooming atau membersihkan rambutnya. Dari kebiasaan self grooming ini, ada beberapa rambut yang tertelan oleh kucing. Jika rambut tersebut terakumulasi dalam jumlah banyak dan menyumbat saluran pencernaan, kucing secara naluri akan memuntahkan gumpalan rambut tersebut. Nah, dalam hal ini, PetLovers juga harus memerhatikan asupan serat untuk kucing, karena jika asupan serat kurang, maka gumpalan rambut tersebut tidak bisa dikeluarkan bersama dengan feses.

Untuk membantu mengontrol hairball pada kucing PetLovers, kamu dapat memberikan Pro Plan Derma Plus yang tersedia dalam bentuk makanan kering dan basah, dengan formula khusus seperti kaya akan vitamin, mineral seperti zinc dan protein berkualitas tinggi untuk membantu menyehatkan kulit dan memperkuat rambut serta kaya akan serat inulin untuk mengontrol hairball. Pastikan makanan kucing anggora dan ras lainnya mengandung formula seperti yang disebutkan di atas untuk mengontrol hairball ya, PetLovers.

Pro Plan Hairball

PetLovers bisa cek info produknya lebih lengkap di sini.

  • Racun

Ada beberapa hal yang umum digunakan untuk manusia tapi dapat berbahaya bagi kucing. Seperti cairan pembersih lantai, kaca, hingga parfum ruangan pun harus dijauhkan dari jangkauan kucing. Karena bagaimanapun, kucing suka mengendus-ngendus dan memiliki rasa penasaran terhadap benda atau perabotan yang ada di dalam rumah.

Selain cairan pembersih, ada juga beberapa tanaman di rumah yang sebaiknya dijauhkan dari kucing. Seperti bunga Lili, yang bisa menyebabkan gagal ginjal pada kucing jika memakan bagian dari tanaman ini.

Di sisi lain, obat-obatan yang biasa dikonsumsi manusia juga sebaiknya dijauhkan dari jangkauan kucing. Misalnya Ibuprofen atau Paracetamol. Oleh karena itu, sebaiknya PetLovers konsultasikan dengan dokter hewan untuk pemberian obat - obatan yang tepat dan aman untuk kucing.

Jika kucing PetLovers muntah dengan frekuensi kejadian yang tinggi segera bawa kucing ke klinik hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Muntah berarti respons tubuh karena ada yang tidak beres dalam pencernaan atau tenggorokan kucing. Hubungi dokter hewan jika kucing mengalami masalah seperti yang sudah disebutkan di atas atau bisa juga konsultasi dengan scientific expert Pro Plan seputar kesehatan kucing. Klik di sini untuk kirim pertanyaan.