Jenis Kutu Pada Kucing & Cara Mengatasinya

Bagaimana cara menghilangkan kutu pada kucing? Pertanyaan ini sangat penting untuk dibahas karena masalah kutu memang mengganggu. Tidak hanya bagi kucing, tapi tidak nyaman juga bagi PetLovers.

Untuk mengatasinya, yuk cari tau dulu tanda kucing kutuan.

Ciri-ciri Serangan Kutu Pada Kucing

Ada dua cara paling sederhana untuk mengetahui apakah kucing terkena kutu atau tidak.

1. Perubahan Perilaku

Kucing yang mengalami masalah pada kutu, secara otomatis akan sering menggaruk bagian tubuhnya. Terutama di bagian kepala & telinga. Selain itu, intensitas self grooming dengan menjilati tubuhnya sendiri akan lebih sering dibanding biasanya.

2. Cek Kondisi Kulit & Rambut

Masalah kutu menyebabkan kerontokan rambut. Untuk itu, jika rambut kucing rontok parah, mungkin sebaiknya cek tubuh kucing dengan sisir khusus (sekarang bahkan tersedia sisir listrik yang bisa menyedot kutu dan ketombe pada kucing).

Saat PetLovers mengecek bagian kulit & rambutnya, jika ada benjolan di area tertentu, bisa jadi karena kutu sehingga membuat kucing menggaruk-garuk terus bagian tersebut dan membuat lapisan kulit rusak.

Tidak hanya kulit, tapi periksa juga bagian dalam telinganya. Jika kotoran terlalu banyak, bisa jadi ini adalah indikasi kucing memiliki masalah dengan kutu.

Salah satu tips lagi untuk cari tahu apakah kucing kutuan atau tidak bisa dengan meletakkan kertas putih di dekat kucing saat dia sedang tidur. Amati kertas tersebut, untuk kondisi yang sudah parah, biasanya kutu akan loncat di benda yang berdekatan dengan tubuh kucing.

Tips ini penting sebelum PetLovers tau cara menghilangkan kutu pada kucing. Tapi sebenarnya, apakah semua jenis kutu bisa menyerang kucing?

Jenis-jenis Kutu Pada Kucing

1. Ctenocephalides felis

Siklus hidup jenis kutu ini bisa bertahan hingga satu tahun. Ukuran tubuh juga bisa dilihat oleh mata telanjang, yakni seukuran semut kecil.

2. Ear mites

Atau biasa juga disebut Otodectes cynotis. Secara ukuran lebih kecil dibanding jenis tungau lainnya. Kucing yang terkena jenis kutu ini seringkali menggaruk bagian telinga berlebihan.

3. Lice

Bentuknya juga lebih kecil dibanding Ctenocephalides felis. Dia sangat menempel di bagian rambut. Hampir mirip seperti debu. Jadi jika kucing PetLovers terlihat kusam rambutnya, tapi ketika diperhatikan kotoran tersebut seperti bergerak, bisa jadi dia terkena jenis kutu Lice.

Penyebab Kucing Tertular Kutu

Sebelum masuk soal cara menghilangkan kutu pada kucing, yuk cari tau dulu penyebabnya.

1. Dari Perabotan Rumah Tangga

Kutu punya kemampuan melompat hingga 6 inci. Meskipun kucing PetLovers di rumah saja, tapi bukan jaminan dia bebas dari masalah kutu. Bisa saja, benda yang biasa kita gunakan di luar rumah dapat membawa kutu ke dalam rumah.

2. Dari Hewan Lain

Ini memungkinkan terjadi saat kucing PetLovers sering bermain di luar. Untuk itu, penting menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah PetLovers terutama jika banyak hewan liar.

Cara Mengatasi Kutu Pada Kucing

1. Gunakan Produk Antikutu

PetLovers bisa bertanya ke pet shop terdekat. Atau minta rekomendasi dari dokter hewan produk untuk pemilihan obat antikutu yang baik untuk kucing.

2. Bersihkan Perabotan

PetLovers tetap bisa menggunakan produk antiseptik untuk membersihkannya. Kumpulkan benda-benda yang biasa PetLovers gunakan untuk membersihkan kucing (sisir, handuk) hingga kandang. Setelah itu cuci hingga bersih untuk membunuh telur kutu.

Penanganan kutu harus dilakukan segera. Jika PetLovers sudah melihat indikasi kucing terkena kutu seperti yang disebutkan di atas, segera bawa ke dokter hewan. Atau jika ada masalah seputar rambut & kulit bisa konsultasi dengan scientific expert Purina di www.proplan.co.id. Bagaimana PetLovers? Sudah cukup jelas cara menghilangkan kutu pada kucing?