5 Penyebab Penyakit Ginjal Pada Kucing

Sakit ginjal adalah penyakit kucing yang sangat membahayakan bahkan bisa berdampak pada kematian. Walau penyakit ini lebih umum terjadi pada kucing yang sudah berumur lanjut, tapi sebaiknya mulai waspada dan tetap memperhatikan kondisinya. Ayo ketahui apa saja penyebab sakit ginjal pada kucing kesayangan di ulasan ini.

  • Infeksi jaringan ginjal (Pyelonephritis)

Penyebab adanya infeksi ini adalah jamur dan bakteri. Umumnya, infeksi ini akan mempengaruhi pertahanan tubuh kucing seperti suplai darahnya. Jika hal ini terjadi, dokter biasanya akan memberikan antibiotik pada kucing kesayangan kamu.

  • Batu ginjal (Nephrolithiasis)

Batu ginjal disebabkan oleh adanya infeksi bakteri kronis yang bisa mengubah karakteristik air seni/urine dan juga aliran darahnya. Kucing tidak selalu merasakan hal ini, namun ketika batu ginjal sudah mulai terbentuk, mereka akan merasakan kesakitan karena adanya penyumbatan pada ginjalnya.

  • Penyumbatan ginjal

Seperti poin sebelumnya, batu ginjal dapat berakibat penyumbatan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena batu ginjal yang terbawa oleh urine lama kelamaan menumpuk pada saluran kencing. Adanya penumpukan pada saluran kencing menyebabkan urine sulit bahkan tidak keluar sama sekali.

  • Keracunan

Tanpa kita sadari, kucing kesayangan sering mengeksplorasi benda-benda disekelilingnya. Tahukah kamu bahwa mungkin saja ia mengonsumsi benda atau makanan yang tidak seharusnya kucing makan baik sengaja atau tidak sengaja. Benda-benda seperti semprotan serangga, bunga, dan kerikil bisa sangat membahayakan kesehatan ginjalnya. Jadi, awasi dan jauhi benda-benda yang tidak seharusnya ada di sekelilingnya.

  • Keturunan

Selain 4 hal di atas, penyebab penyakit ginjal pada kucing adalah karena keturunan. Ada beberapa jenis kucing yang memang sangat rentan terkena penyakit kucing ini seperti kucing Persia dan Abyssinia. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa jenis kucing lain tidak dapat terkena penyakit ini.

Mulai sekarang, ayo beri perhatian lebih pada kucing kesayanganmu. Karena kesehatan mereka sangat bergantung pada bagaimana kamu merawatnya