Vaksin Wajib untuk Anak Anjing

Vaksin Wajib untuk Anak Anjing

Saat ini ada banyak vaksin yang dapat kamu berikan. Tetapi tidak semua vaksin harus diberikan kepada mereka karena anak anjing memiliki karakter yang berbeda-beda. Ulasan ini dapat menjadi pengetahuan bagi para pemilik anak anjing pemula untuk mengetahui cara merawat anak anjing dengan tepat. Salah satunya adalah dengan memberikan vaksin. Yuk ketahui jenis vaksin yang wajib diberikan.

  1. Vaksin Parvovirus (Parvo)

Biasanya virus ini menyerang sistem pencernaan. Gejalanya adalah muntah, diare (terkadang disertai darah), demam tinggi dan tampak lesu. Kotoran yang dihasilkannya umumnya berbau busuk dan terkadang berwarna kekuningan.

  1. Vaksin Distemper

Penyakit ini menyerang semua jaringan di dalam tubuh anjing. Penyakit yang masuk melalui pernapasan ini mempunyai beberapa fase. Pada fase awal, gejalanya menyerupai flu berat yang disertai demam. Fase berikutnya diikuti oleh muntah-muntah, demam tinggi, diare, perilaku yang agresif, dan penebalan atau pengelupasan hidung serta telapak kaki.

  1. Vaksin Hepatitis

Disebarkan melalui kontak dengan kotoran atau urine yang terkontaminasi. Penyakit ini mempengaruhi ginjal dan hati. Gejalanya meliputi demam tinggi, tidak nafsu makan, muntah dan diare.

  1. Vaksin Leptospirosis (Lepto)

Penyakit yang menyerang hati dan ginjal anjing ini dapat menular pada manusia melalui kontak dengan urine anjing yang terkontaminasi. Gejala dari penyakit ini hampir sama dengan hepatitis, namun bisa disembuhkan dengan pengobatan antibiotik.

  1. Vaksin Rabies

Menular melalui air liur hewan yang terinfeksi, rabies juga termasuk penyakit yang dapat menular pada manusia. Rabies ini menyerang jaringan-jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan serta seringkali berakhir pada kematian.

Itulah beberapa vaksin yang wajib diberikan untuk anak anjingmu. Jika ini adalah kali pertamamu merawat anjing, akan lebih baik konsultasikan dulu pada dokter hewan untuk tau apa keadaannya sudah siap untuk diberi vaksin.

Source :

http://anjingindo.com/vaksin/

https://jenisanjing.com/jenis-vaksin-untuk-anak-anjing-dan-fungsinya/

http://www.peteducation.com/article.cfm?c=2+2115&aid=960