Tips Memberi Makan Anjing

Makanan yang dimakan anjingmu sangat bergantung pada asupan nutrisi yang mereka butuhkan. Namun, dalam memberi mereka makan kamu harus memperhatikan agar mereka disiplin dan terbiasa dengan cara mereka makan. Dengan begitu, mereka akan mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

  • Beri makanan berkualitas

Berbagai macam makanan anjing sudah sangat bayak ditawarkan. Pilihlah makanan berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan anjingmu. Walau agak sedikit mahal, kamu harus tau bahwa makanan yang berkualitas rendah bisa jadi terlalu banyak mengandung bahan yang tidak diperlukan sehingga dapat membahayakan organ cerna hewan kesayanganmu.

  • Beri makanan sesuai dengan ukuran dan usia

Jangan samakan makanan puppy dengan anjing dewasa atau jenis anjing kecil dan anjing besar. Berbeda usia dan ukurannya, berbeda juga kebutuhan nutrisinya. Kalau kamu bingung mencari makanan yang menyesuaikan dengan usia dan ukuran, kamu bisa tanyakan langsung pada karyawan petshop yang kamu kunjungi dan juga dokter hewan.

  • Hindari makan terlalu cepat

Jika anjingmu makan dengan ritme yang terlalu cepat, kamu harus bisa mencegahnya. Makan yang terlalu cepat bisa membuat sistem cernanya terganggu. Kamu bisa gunakan dog bowl dengan bagian tengahnya sama tinggi dengan pinggiran tempat makan atau menaruh bola tenis di tengahnya.

  • Konsisten

Banyak yang merasa kasihan ketika memberi makan sedikit pada anjing. Namun, tahukah kamu hal tersebut justru tidak baik dan berisiko obesitas? Idealnya, berikan mereka makanan 1 sampai 2 kali sehari. Untuk porsi makannya kamu bisa baca takaran yang tertera pada kemasan makanan anjingmu.

Memberi makan anjing kesayangan memang hal mudah, tapi jangan menggampangkan hal tersebut karena bisa berakibat buruk bagi hewan kesayangan. Kalau kamu belum biasa melakukan 4 hal tersebut, yuk mulai dibiasakan demi kebaikan mereka.