Pentingnya Menjaga Berat Badan Hewan Kesayangan

PetLovers, tidak ada yang menolak ketika hewan kesayangan mempunyai tubuh yang berisi. Tingkah laku mereka akan terlihat sangat menggemaskan. Namun, taukah kamu, hal tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan mereka?

Berat badan yang tidak ideal bisa menuju ke berbagai penyakit kucing dan anjing. Jadi, kamu harus tau bagaimana cara merawat kucing dan anjing kesayanganmu agar terhindar dari berat badan berlebih atau obesitas.  

Bagaimana kamu mengetahui apakah berat badan mereka ideal/tidak? Kamu bisa melihat dari atas. Tubuhnya dapat dikatakan ideal jika bentuk tubuh dari rusuk dan pinggang terlihat menyempit. Lalu, jika dilihat dari samping, bagian pinggang bida terlihat serta tidak bergelambir. Kalau kamu lihat bagian tersebut tertutup lemak, ada kemungkinan hewan kesayanganmu mempunyai masalah berat badan.

  1. Perhatikan makanan yang kamu berikan

Jika kamu berpikir bahwa semua makanan anjing dan kucing sama, kamu harus berpikir dua kali. Misalnya, berikan kitten atau puppy-mu makanan yang bernutrisi sesuai dengan kebutuhan mereka. Begitu juga ketika kamu memberi makan anjing atau kucing dewasa, bahkan senior. Karena keperluan nutrisi mereka berbeda, makanan yang kamu berikan pun juga harus berbeda.

  1. Beri takaran makan sesuai yang ada di kemasan

Banyak yang tidak menaruh perhatian pada hal ini. Namun, mulai sekarang kamu harus tau petunjuk pemberian takaran yang ada di kemasan makanan kucing atau anjingmu berpengaruh pada kesehatan mereka. Takaran tersebut diberikan agar mereka mendapat gizi yang cukup setiap kali mereka makan.

  1. Olahraga teratur

Jika kamu memiliki anjing, tentu tidak sulit untuk mengajak mereka jalan-jalan atau bermain frisbee. Olahraga dapat membantu mereka tetap sehat dan mempunyai tubuh yang ideal. Bagaimana dengan kucing? Kalau kucingmu sulit untuk diajak jalan-jalan, bermain dengan mainan favoritnya sudah sangat membantu mereka aktif bergerak.

Tidak sulit dilakukan kan, PetLovers? Ingat, tubuh anjing dan kucing yang gemuk memang sangat lucu. Tapi belum tentu itu baik untuk kesehatan mereka. Kesehatan mereka merupakan kebahagiaan kamu juga, bukan?