Nutrisi Seimbang untuk Anjing Kesayangan

Menjaga kesehatan anjing dimulai dari hal paling sederhana, yaitu makanan. Makanan dengan nutrisi seimbang dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Bagaimana sih cara untuk mengetahui apakah makanan anjing yang kamu berikan baik untuk mereka? Lalu nutrisi apa saja yang perlu didapat oleh anjing?

  • Makanan yang berkarbohidrat

Sebab anjingmu adalah hewan yang energik, mereka jelas membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat bisa didapat dari tanaman padi-padian atau grain seperti gandum, jelai, jagung dan lain-lain. Grain juga mempunyai serat tinggi sehingga dapat membantu pencernaan anjing dengan baik.

  • Protein

Nutrisi terpenting yang harus diberikan pada anjingmu adalah protein. Protein memberikan kekuatan dan membantu anjing dalam pembentukan dan perbaikan jaringan otot serta memperkuat. Kamu bisa memberikan mereka makanan yang mengandung protein sebesar 18-25% sehari. Protein dapat diperoleh dari telur dan daging-dagingan seperti ayam, sapi, dan sebagainya.

  • Lemak

Lemak juga bagian dari kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh anjing. Walaupun banyak yang mengira lemak itu dapat berpengaruh buruk pada kesehatannya, namun lemak memberikan energi dan juga membantu penyerapan optimal beberapa vitamin yang dikonsumsi anjingmu. Anjing membutuhkan lemak sebesar 10-15% sehari dan dapat diperoleh dari daging sapi, ayam, dan lain-lain, lemak juga membantu menjaga kesehatan kulit mereka agar tetap terlihat sehat dan berkilau. 

  • Air

Terlebih dari nutrisi-nutrisi yang banyak membawa manfaat, air tetaplah bagian terpenting untuk semua makhluk hidup. Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan air untuk kesehatannya. Berikan anjingmu air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Air yang diberikan pada anjing dapat membuang zat sisa dari tubuh, mengedarkan makanan, serta menjaga suhu tubuh.

Jadi, sebelum kamu memberi makanan untuk anjing kesayangan pastikan nutrisi dasar tersebut terdapat pada makanannya. Jangan lupa juga menjaga tubuh dari luar seperti berolahraga agar kesehatannya maksimal.