Cerita Pluto dan Anjing Pejaten Shelter Lainnya

Akhir-akhir ini, mempunyai anjing peliharaan telah menjadi trend bagi masyarakat kelas menengah. Sebenarnya, hal ini menjadi trend yang positif. Sebab banyak orang yang mulai menunjukkan perhatiannya terhadap ‘sahabat manusia’ satu ini.

Akan tetapi, di sisi lain, banyak PetLovers yang masih belum siap memelihara anjing & menjaga mereka sampai waktu yang tidak ditentukan. Banyak anjing yang ditelantarkan karena pemiliknya yang tidak mampu memelihara mereka lagi. Seperti karena alasan pindah rumah, kesehatan anjing yang mudah sakit-sakitan, dll.

Di Pejaten Shelter, cerita-cerita seperti ini sering terdengar. Dr. Susana Somali selaku pendiri Pejaten Shelter, sering me-rescue anjing yang dibuang oleh pemiliknya. Pluto salah satunya. Saat pertama kali ditemukan oleh dokter spesialis patologi ini, Pluto dalam kondisi yang sangat kurus & memprihatinkan. Anjing berbulu coklat ini bahkan mengalami sakit ginjal.

Karena kondisinya yang boleh dibilang kritis, Pluto akhirnya dibawa ke Pejaten Shelter. “Coba dikasih minum, perutnya belum mau nerima,” jelas dr. Susana Somali seperti dilansir BBC Indonesia. Tapi berkat kesabaran dr. Susana, Pluto kini tumbuh sehat di Pejaten Shelter.

Tidak hanya Pluto. Rosi, anjing lain di Pejaten Shelter juga mengalami cerita kurang menyenangkan. Rosi yang waktu itu masih seusia puppy tertbrak mobil. Sejak tiga tahun lalu, dia tinggal di Pejaten Shelter.

Di awal-awal perawatan, Rosi harus dikasih makanan cair. Kondisinya setelah tertabrak mobil masih belum memungkinkan untuk makan sendiri. 

PRO PLAN Indonesia telah mengunjungi Pejaten Shelter dan melihat ratusan anjing di-rescue di shelter ini. Pada bulan Juni lalu, Pejaten Shelter juga menjadi salah satu shelter yang diikut sertakan dalam program PROSHELTER, sebuah kampanye digital yang mengajak PetLovers untuk berdonasi bagi tempat penitipan anjing dan kucing.

Dalam program PROSHELTER, PRO PLAN mengumpulkan 111.157 total klik (like, share & comment). Total donasi diwujudkan dalam bentuk makanan untuk anjing & kucing yang ada di shelter yang sudah ditentukan.

Ayo terus memberikan perhatian untuk anjing & kucing kesayangan kamu. Rawat & jaga mereka tanpa batas waktu, PetLovers.  

Sumber: BBC Indonesia