Tips Menerapkan Makanan Sehat untuk Kucing

Saat kita memutuskan untuk memelihara kucing, saat itu juga kita sedang mengikat komitmen untuk memberikan yang terbaik, termasuk makanan sehat untuk kucing.

Banyak cara memang untuk menunjukkan kasih sayang terhadap kucing. Bisa dengan mengajaknya bermain, mengelusnya manja, tapi memberikan makanan terbaik adalah bentuk dasar kasih sayang yang harus PetLovers lakukan.

Kenapa Harus Memberikan Makanan Sehat?

Layaknya jika anggota keluarga sakit, PetLovers pasti akan merasa sedih saat kucing kita sakit. Begitu pun, karena dia adalah bagian dari keluarga, maka kita pun ingin memperoleh momen bahagia lebih panjang dengannya.

Untuk mencapai semua itu, kesehatan merupakan faktor utama yang harus dijaga. Memberikan makanan sehat untuk kucing berperan penting untuk memenuhi nutrisi harian sehingga kucing terhindar dari berbagai macam penyakit dan memiliki usia yang lebih panjang.

Nutrisi yang Terkandung dalam Makanan Sehat

Association of American Feed Control Officials (AAFCO), organisasi yang menetapkan standar kebutuhan nutrisi untuk anjing dan kucing, telah menetapkan standar khusus untuk makanan hewan peliharaan yang membantu memenuhi nutrisi harian mereka. Jadi saat membeli makanan kucing, sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah makanan tersebut sudah memenuhi standar AAFCO dengan melihat kemasan produknya.

Berikut adalah nutrisi lengkap dan seimbang yang harus ada dalam makanan sehat untuk kucing.

1. Protein

Secara keseluruhan, kucing memiliki kebutuhan protein yang sangat tinggi. Karena kucing merupakan karnivora obligat dimana mereka membutuhkan protein sebagai sumber utama penghasil energi. Nutrisi ini sangat penting untuk pembuatan antibodi, enzim, hormon, serta jaringan otot. Protein juga sangat membantu anak kucing tumbuh optimal.

Makanan kucing yang sehat mengandung protein lengkap seperti asam amino esensial yang bisa ditemukan dari sumber makanan daging, ikan, telur dan unggas. Selain itu, makanan kucing yang baik juga berasal dari daging asli pilihan.

2. Lemak

Mungkin kandungan nutrisi ini agak dijauhi untuk ukuran diet manusia. Tapi, lemak sehat sangat baik untuk kucing PetLovers. Bahkan, lemak mendukung penyerapan vitamin serta mempunyai peran penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Salah satu jenis lemak baik, yakni asam lemak omega memang sangat identik dengan ikan. Wajar karena sumber utama omega 3 tetap di ikan laut seperti salmon, sedangkan omega 6 dapat berasal dari daging, telur, ataupun minyak botani. Secara fungsi, asam lemak omega (omega 3 & omega 6) mendukung sistem kekebalan tubuh kucing dan fungsi biologis penting lainnya.

3. Vitamin & Mineral

Makanan sehat untuk kucing harus mengandung vitamin dan mineral. Tidak boleh disepelekan, karena vitamin dan mineral berkontribusi pada diet yang lengkap dan seimbang, mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu rambut yang berkilau dan sehat.

Mineral hampir terlibat di semua reaksi fisiologis kucing. Juga berkontribusi untuk membantu pertumbuhan badan kucing PetLovers.

4. Kolostrum

Nutrisi ini penting untuk anak kucing. Kolostrum membantu menjaga kekebalan tubuh pada anak kucing. Di periode kitten, sistem kekebalan tubuh memang belum terbentuk secara maksimal. Sehingga peran kolostrum sangat penting.

Berikut rekomendasi makanan sehat untuk kucing yang mengandung beberapa nutrisi esensial di atas.

Cara Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Kucing

Selain dengan memerhatikan kandungan nutrisi, berikut tips tambahan untuk menerapkan pola makanan sehat terhadap kucing di rumah.

1. Cara Pemberian Porsi

Porsi makan kucing berbeda-beda mengikuti berat & tahapan usianya. Jika PetLovers punya anak kucing, maka porsi makannya bisa mengikuti takaran saji yang dianjurkan pada kemasan Pro Plan:

takaran saji

Agar tubuh kucing mendapatkan nutrisi sesuai kebutuhannya, sebaiknya cek aturan yang ada di belakang kemasan produk. Berikut beberapa panduan pemberian makan untuk kucing dewasa & senior.

Takaran saji kucing dewasa

takaran saji

Takaran saji kucing senior

takaran saji

2. Seimbangkan Antara Makanan Basah & Makanan Kering

Banyak PetLovers yang menganggap makanan basah bisa diberikan hanya saat kucing bermasalah dengan nafsu makannya. Namun, kombinasi pemberian makanan basah dengan makanan kering sangat direkomendasikan untuk kebutuhan nutrisi harian kucingmu PetLovers.

Berikut rekomendasi makanan basah untuk kucing.

Perlukah Memberikan Vitamin & Suplemen Tambahan?

Sebenarnya, saat PetLovers sudah memberikan makanan sehat untuk kucing dengan kriteria seperti yang disebutkan di atas, maka tidak perlu lagi vitamin & suplemen tambahan. Karena kandungan nutrisi dalam makanan yang lengkap dan seimbang sudah termasuk vitamin dan mineral yang bersifat seperti suplemen.

Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, jika PetLovers tetap membutuhkan dua hal ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan atau bisa juga dengan mengirim pertanyaan ke scientific expert Purina di www.proplan.co.id.