Tips agar kucing dapat bersosialisasi

Tips agar kucing dapat bersosialisasi

Cat Owners, apa kucing kesayangan sering lari ketika bertemu dengan orang baru? Pada dasarnya.  kucing  adalah hewan peliharaan yang pendiam, karena itu proses sosialisasi sangat diperlukan agar kucing tidak malu atau takut ketika bertemu kucing/orang baru sehingga tidak mencakar atau menggigit. Simak beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh Cat Owner berkaitan dengan proses  sosialisasi kucing

  • Apa manfaat sosialisasi untuk kucing?

Sosialisasi itu penting agar kucing kesayangan tidak takut, bersahabat, tidak galak, tidak agresif  atau tidak menyerang kucing, orang, dan hewan lain.

  • Sejak Umur berapa sebaiknya kucing diperkenalkan ke kucing / hewan lain?

Perkenalkan dengan sesama atau sejak masih . Tujuannya agar kucingmu bisa , dan kittensenang sehingga dapat lebih mudah untuk .

  • Bagaimana cara mengajarkan kucing untuk bersosialisasi?
  • Untuk kucing-kucing di rumah, diajarkan dengan menaruh kucing di satu ruangan dan perhatikan tingkah lakunya. Pisahkan saat ada yang berkelahi. Ketika sudah tenang,  satukan kembali di ruangan yang sama. Lama kelamaan keduanya akan dapat  bersosialisasi.
  • Untuk kucing yang baru diadopsi, dilakukan dengan menaruh kucing yang sudah kamu miliki di dalam kandang dan biarkan kucing  baru yang kamu adopsi menyesuaikan diri dengan ruangan sekitar. Setelah hafal dengan ruangan barunya, kucing baru akan menghampiri kucing yang ada di dalam kandang. Setelah 1 minggu, coba lepas kucing dalam kandang,  biarkan mereka saling mengendus-endus satu sama lain. Beri mereka makan secara bersamaan. Latih setiap hari sampai kucing lama dan kucing baru mengenal satu sama lain dengan baik.
  • Bagaimana caranya mengetahui sifat kucing yang kurang dapat bersosialisasi?

Dapat dilihat dari postur kucing itu sendiri. Ketika didekati kucing lain atau orang baru, kucing akan mengeluarkan suara yang keras (mendesis) dan sikap siaga untuk menyerang.

  • Apa penyebab kucing itu kurang dapat bersosialisasi?

Dapat disebabkan karena trauma sering dibuat kaget atau dipukul, sehingga menjadi lebih sensitif dengan keadaan sekitarnya.

  • Apa yang harus dilakukan Cat Owners untuk membuat kucingnya mudah bersosialisasi?

Sama seperti manusia, yang dibutuhkan oleh kucing kesayangan adalah kasih sayang dari Ownernya. Berikan rasa nyaman dengan mengelus, mengajaknya berbicara, dan mengajaknya bermain bersama.

Semoga beberapa tips dan cara diatas dapat membantu Cat Owners untuk mengajarkan kucingnya bersosialisasi. Kalau sudah mencoba tips yang diberikan, share ke kita ya .

 

Sumber:

Anna Mei Rani - ketua Djaboers Cat Lovers community