Sama-Sama Berambut Panjang, Ini 5 Perbedaan Kucing Angora dan Persia

Kucing angora dan persia umumnya     menjadi pilihan PetLovers yang menginginkan peliharaan berambut lebat dan panjang. Meski bagi awam kedua kucing ras ini terlihat mirip, PetLovers perlu tahu bedanya, supaya dapat memilih peliharaan yang sesuai dengan ekspektasi. Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan kucing angora dan persia yang perlu PetLovers ketahui.

1. Asal-usul

Perbedaan kucing angora dan persia pertama adalah dari asal-usulnya. Di dunia internasional, kucing angora dikenal sebagai Turkish Angora, atau angora dari Turki. Jadi, meskipun di Indonesia banyak ditemukan kucing angora, asal kucing berambut lebat ini adalah dari wilayah Ankara, Turki Tengah. Sedangkan, kucing persia merupakan jenis kucing yang diketahui sudah ada sangat lama, dan tidak diketahui secara tepat kapan pertama kali dia muncul. Namun sesuai namanya, kucing persia berasal dari dataran Mesopotamia, yang kemudian berubah menjadi Persia, dan sekarang menjadi negara Iran. 

2. Fitur Wajah dan Bentuk Tubuh

Perbedaan kucing angora dan persia juga dapat dilihat dari wajah dan bentuk tubuhnya. Meskipun sekilas wajah dan perawakan kucing angora dan persia terlihat sama, tapi jika diperhatikan dengan  teliti, mereka berbeda, lho. 

Kucing persia memiliki kepala bulat dengan wajah pendek dan hidung pesek, pipi tembam, mata bulat besar, dan telinga bulat kecil. Selain itu, Kucing Persia memiliki kaki yang pendek dan kuat untuk menopang tubuhnya yang kokoh. 

Sementara, kucing angora memiliki rambut yang lembut dan halus dengan kerangka ramping dan bertulang halus. Ekornya penuh dan meruncing. Berbeda dengan kucing persia yang bentuk hidungnya pesek dan telinga bulat kecil, kucing angora memiliki bentuk hidung yang meruncing, serta telinga yang tegak dan panjang. 

3. Kelebatan rambut

PetLovers, perbedaan kucing angora dan persia juga bisa dilihat dari rambutnya. Meski sama-sama memiliki rambut yang panjang dan lebat, tetap ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Rambut kucing persia tidak sepanjang kucing angora, tapi cenderung lebat dan menutupi hampir semua tubuhnya. Sementara itu, kucing angora memiliki rambut yang panjang, halus, tapi hanya tebal di bagian ekornya, sehingga menyerupai ekor rubah.

Nah, meski rambut angora dan persia merupakan hal genetik, tetap harus dirawat supaya terjaga kelebatan dan kelembutannya. Selain rutin menyisir rambut dan memandikan kucing kesayangan, PetLovers juga bisa memberikan makanan yang diformulasikan untuk rambut kucing yang sehat seperti Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma. Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma mengandung nutrisi untuk membantu meminimalkan kerontokan rambut kucing. Kandungan vitamin, mineral, dan protein di dalamnya membantu mewujudkan kulit sehat dan rambut berkilau dari kucing kesayangan PetLovers. Maka dari itu, Pro Plan Adult Derma Plus sangat cocok diberikan untuk kedua jenis kucing tersebut maupun kucing berambut panjang lainnya.

Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma

4. Karakter

Sebagian besar peliharaan memiliki sifat penurut terhadap orang yang memeliharanya. Nah, baik kucing angora maupun persia, keduanya merupakan jenis kucing yang penurut. Perbedaan kucing angora dan persia dapat dilihat dari keaktifannya. Kucing angora jauh lebih aktif sementara kucing persia lebih suka berdiam di satu tempat. Perbedaan kucing angora dan persia juga dapat dilihat dari cara berjalannya. Kucing persia umumnya berjalan dengan lambat, angora adalah jenis kucing yang cara berjalannya lebih luwes.

5. Usia

Perbedaan kucing angora dan persia  juga dapat dilihat dari masa hidupnya. Kucing angora umumnya memiliki masa hidup 12-18 tahun, sementara kucing persia memiliki masa hidup yang lebih lama yaitu 15-20 tahun. Untuk mengoptimalkan masa hidup kedua jenis kucing ini, PetLovers perlu memberikan asupan nutrisi yang diformulasikan khusus bagi kucing senior, seperti Pro Plan Adult 7+ yang tersedia dalam varian wet food dan dry food.

Pro Plan Adult 7+ Wet Food and Dry Food

Pro Plan Adult 7+ mengandung formulasi unik yang membantu memperbaiki kualitas hidup juga memperpanjang umur kucing senior yang terdiri dari antioksidan, vitamin, probiotik, serta omega 3 dan 6. Apalagi, kucing di atas umur 7 tahun mulai mengalami perubahan metabolisme sehingga memerlukan makanan yang tinggi protein serta mudah dicerna seperti Pro Plan Adult 7+.

Demikian beberapa perbedaan kucing angora dan persia yang perlu PetLovers ketahui. Kini PetLovers sudah tahu bedanya, kan? Selain belajar mengenal perbedaannya, PetLovers juga dianjurkan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter hewan agar makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan kucing, baik dari segi takaran maupun nutrisi. Dengan nutrisi yang tepat, kucing kesayangan PetLovers bisa tumbuh sehat dan optimal.