Pertanyaan Seputar Kucing Hamil

Periode kehamilan kucing terasa sangat emosional bagi PetLovers. Dalam periode ini, PetLovers akan mencari banyak info mulai dari makanan kucing hamil, perawatan, hingga apa saja yang mampu mendukung kesehatan induk maupun janin kucing yang ada di dalam perut induknya.

Untuk membantu PetLovers merawat kucing selama periode kehamilan, Pro Plan telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan PetLovers seputar kehamilan kucing. 

Apa Saja Ciri-ciri Kucing Hamil?

Ketika kucing hamil, PetLovers bisa melihat beberapa tanda mulai dari perilaku hingga perubahan pada bentuk fisiknya. Untuk lebih detailnya, berikut beberapa perubahan yang terjadi pada kucing saat hamil.

1. Puting Membesar

Mungkin agak susah untuk melihatnya terutama jika kucing PetLovers termasuk tipe ras rambut panjang. Tapi, untuk mengenali tanda kehamilan kucing, cobalah raba bagian putingnya. Setelah 15-18 hari dari periode kehamilan kucing, biasanya puting kucing akan mulai membesar dengan warna agak kemerah-merahan.

2. Nafsu Makan Meningkat

Nafsu makan kucing hamil akan meningkat 50% dari biasanya. Akan tetapi, ini tidak bisa dijadikan satu-satunya tanda untuk mengenali kehamilan kucing. Jika memang nafsu makannya tiba-tiba meningkat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk tahu penyebabnya secara medis.

3. Perut Mulai Membesar

Dalam periode kehamilan, berat badan kucing bisa naik 1-2 kilogram (tergantung jumlah janin kucing yang ada di dalam perut induknya).

4. Timbul Mual & Muntah

Sama seperti manusia, kucing hamil pun akan mengalami morning sickness atau munculnya mual dan muntah-muntah yang terjadi saat hamil. Tapi kembali lagi, saat kucing PetLovers muntah, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan karena dikhawatirkan bukan karena kehamilan, tapi disebabkan penyakit lain.

5. Lebih Manja

Pada dasarnya, kucing memang tipe hewan yang manja. Tapi di periode kehamilan, dia akan lebih sering meminta perhatian kepada pemiliknya.

Berapa Lama Periode Kehamilan Kucing?

Sebelum membahas tentang makanan kucing hamil, penting untuk mengenali periode kehamilan kucing. Dengan memahami masa kehamilan kucing, PetLovers sudah bisa memperkirakan kapan kucingmu akan melahirkan.

 

Sebenarnya, periode kehamilan kucing sangat bervariasi. Akan tetapi, biasanya berlangsung dari 61 hari hingga 72 hari.

Untuk memastikannya, sebaiknya rajin membawanya ke klinik untuk dicek usia kehamilan dan perkiraan kelahirannya oleh dokter hewan.

Apakah Makanan Kucing Hamil Harus Dibedakan?

Kehamilan jadi periode yang sangat melelahkan bagi kucing. Dukungan nutrisi sangat penting untuk membantu induk & juga janin kucing yang ada di dalam perut induknya tetap sehat. Makanan kucing biasa tidak akan memberikan energi tambahan yang dibutuhkan kucing hamil. Untuk itu, penting membedakan makanan kucing hamil dengan makanan kucing lainnya.

Apa Rekomendasi Makanan Kucing Saat Hamil?

Kucing hamil membutuhkan kalori dan protein dalam jumlah lebih tinggi yang bisa didapatkan dari makanan berkualitas tinggi. Makanan untuk kucing hamil harus mengandung protein 30%, lemak 9%, 1% kalsium dan 0,8% fosfor di mana takaran ini sesuai dengan rekomendasi dari Association of American Feed Control (AAFCO).

Untuk kucing hamil, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Kitten karena kaya akan nutrisi sehingga bagus untuk menjaga kesehatan kucing yang sedang hamil maupun janin kucing yang ada di dalam perut induknya.

pro plan wet

Untuk komposisi nutrisi, berikut yang harus ada pada makanan kucing mengacu pada kemasan produk Pro Plan.

makanan kucing hamil - komposisi nutrisi

Selama periode kehamilan, sangat dianjurkan lebih banyak memberikan makanan kering karena mengandung kalori lebih banyak dibanding makanan basah. Akan tetapi, jika kucing PetLovers lebih menyukai makanan basah, PetLovers bisa memberikannya makanan basah dengan porsi yang lebih besar untuk memastikan kucingmu mendapatkan tambahan energi. Atau bisa juga mencampurkan makanan basah dengan sedikit makanan kering.

Untuk membantu PetLovers memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kucing hamil, kamu bisa memberikan Pro Plan Kitten yang padat nutrisi dan bisa diberikan untuk kucing betina dalam masa kehamilan maupun menyusui. Jangan lupa untuk selalu konsultasikan masalah kesehatan kucing kepada dokter hewan dari awal kehamilan hingga pada saat masa menyusui. Untuk informasi produk Pro Plan Kitten lebih lengkap, PetLovers bisa cek di sini.