Pertanyaan Populer Cara Mengobati Kucing Jamuran | Pro Plan Indonesia

Jamur jadi problem yang umum terjadi pada kucing. Wajar jika banyak pertanyaan yang muncul mulai dari penyebab hingga cara mengobati kucing jamuran itu sendiri.

Untuk membantu PetLovers mengatasi masalah ini, berikut beberapa pertanyaan populer seputar mengobati kucing beserta jawabannya, PetLovers.

Apa penyebab kucing terinfeksi jamur?

Sama seperti kutu, jamur juga sering terjadi tidak hanya pada kucing liar, tapi juga kucing rumahan. Penyebabnya adalah kebersihan lingkungan. Kucing mengalami jamuran bisa jadi karena tertular dari kucing lain, atau karena terkontaminasi dengan jamur yang ada di lingkungan sekitar rumah PetLovers.

Termasuk salah satu penyebabnya adalah ruangan yang terlalu lembab.

Di usia berapa kucing rentan jamuran?

Jamur bisa menyerang semua usia. Bisa di periode ketika masih kitten hingga kucing dewasa. Pada kitten dibawah usia 3 bulan atau dalam tahap sedang menyusu, kemungkinan terkena jamur karena tertular dari induknya. Selain itu, daya tahan tubuh mereka belum sekuat kucing dewasa sehingga menyebabkan kitten rentan tertular.

Apa saja gejala kucing yang terinfeksi jamur?

Nah, ini sangat penting sebelum PetLovers mengetahui cara mengobati kucing jamuran. Cari tau terlebih dahulu gejalanya. Apa saja?

  1. Kulit kemerahan
  2. Kulit berketombe
  3. Rambut rontok
  4. Terdapat bau kurang enak di bagian kulit

Apakah jarang grooming menyebabkan kucing jamuran?

Tentu, PetLovers! Rutin memandikan kucing menjaga kulit dan rambutnya tetap sehat. Pada kucing dalam kondisi sehat, mandi 2 minggu sekali sudah cukup untuk menjaga kebersihan kulit dan rambutnya.

Selain untuk menghindari jamur, rutin memandikan kucing juga menjauhkan kucing dari penyakit kulit lainnya. Namun, jika grooming atau memandikan kucing PetLovers terlalu sering dan tidak benar saat mengeringkan rambutnya, juga dapat menyebabkan kelembaban sehingga kucing PetLovers akan terinfeksi jamur. Jadi pastikan rambut kucingmu dikeringkan dengan sempurna.

Apakah rambut yang jarang disisir dapat menyebabkan kucing terinfeksi jamur?

Menyisir rambut kucing termasuk bagian dari grooming. Jika memandikan adalah grooming basah, menyisir adalah grooming kering. Dan tentu saja mempunyai manfaat untuk menjauhkan kucing dari masalah kulit. Rambut yang jarang disisir dapat membuatnya menggumpal. Hal ini menyebabkan kelembaban meningkat pada area tsb, sehingga jamur dapat mudah tumbuh.

Bagaimana cara mengobati kucing jamuran?

Nah, ini dia yang PetLovers tunggu. Bagaimana cara mengobati kucing jamuran?

Tahapan awal sebaiknya lakukan diagnosis terlebih dahulu. Bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk memastikan terinfeksi jamur atau tidak. Karena beberapa penyakit kulit memiliki gejala yang serupa. Oleh karena itu, pemeriksaan oleh dokter hewan sangat dianjurkan agar mendapat pengobatan yang tepat.

Jika salah satu kucing PetLovers sudah terinfeksi jamur, sebaiknya dikarantina terlebih dahulu dengan cara dipisahkan dan tidak boleh bertemu dengan kucing lainnya selama masa pengobatan jamur. Tujuannya adalah mencegah penularan terhadap kucing lainnya.

Tingkat pemulihannya pun beragam, tergantung dari seberapa parah masalah jamur yang menyerang kucing dan kondisi daya tahan tubuh kucing PetLovers.

Apa rekomendasi makanan untuk kesehatan kulit kucing?

Selain memberikan pengobatan dari dokter hewan, memberikan nutrisi terbaik yang mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut juga sangat diperlukan. Dalam hal ini, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Derma Plus yang memiliki sumber protein dari ikan Salmon dengan nutrisi yang terbukti dapat menjaga kesehatan kulit dan kilau rambut serta mampu mengurangi terbentuknya hairball dengan kandungan serat inulin. Kandungan zinc dalam Pro Plan Derma Plus berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu, Pro Plan Derma Plus juga mengandung asam lemak esensial omega 3 dan omega 6 yang memilki manfaat sebagai anti peradangan pada kulit dan menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam Pro Plan Derma Plus berguna sebagai antioksidan yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas.

Info produk bisa dicek di sini Pro Plan Derma Plus, Makanan untuk Kesehatan Rambut & Kulit Kucing.