Penting! Cara yang Aman Memandikan Anak Kucing

Memelihara anak kucing merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi PetLover pencinta kucing. Usianya yang masih kecil membuat kita dapat melatihnya lebih dini sehingga mereka akan tumbuh menjadi kucing dewasa yang penurut.

 Pada dasarnya, kucing termasuk hewan yang bersih karena setiap harinya mereka rajin menjilati bulunya sendiri atau biasa disebut dengan istilah grooming.

Pada anak kucing yang belum terlalu besar, biasanya induk mereka akan membantu menjilati bulu anak kucing agar selalu bersih. Bagaimana dengan PetLovers yang memiliki anak kucing tanpa induk? Ketiadaan induk membuat anak kucing sulit membersihkan dirinya sendiri terutama di bagian yang sulit terjamah seperti misalnya tengkuk dan leher. Untuk itu,  PetLovers dapat  mengikuti cara memandikan anak kucing berikut ini.

 

Ketahui kapan anak kucing mulai boleh dimandikan

Sejatinya, waktu yang tepat untuk memandikan anak kucing adalah ketika usia mereka mencapai delapan minggu. Pada usia tersebut, anak kucing mulai dapat mengenal air dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Salah satu keuntungan memandikan anak kucing sejak usia dini adalah membuat mereka menjadi terbiasa jika di kemudian hari tubuh mereka kotor.

 

Persiapkan ritual sebelum mandi

Untuk kenyamanan PetLovers cara memandikan anak kucing satu ini wajib dilakukan, gunting kuku anak kucing sebelum dimandikan agar tidak mencakar dan melukai kulit. Anak kucing yang baru pertama kali digunting kukunya mungkin akan memberontak dan merasa tidak nyaman. Kenakan baju berlengan panjang ketika menggunting kuku dan memandikan anak kucing untuk memperkecil resiko terluka.

 

Mandikan saat kucing tenang

Memandikan anak kucing saat mereka sedang stres dapat membuat kondisinya menjadi lebih buruk. Ajak main terlebih dahulu, kemudian bawa mereka ke kamar mandi.

PetLovers dapat membasuh muka anak kucing dengan telapak tangan, kemudian berlanjut dengan membasahi seluruh tubuhnya dengan air. Usapkan shampoo khusus kucing hingga berbusa, kemudian bilas hingga bersih. Hindari masuknya air ke telinga, mata dan hidung anak kucing. Gerakan yang lembut dapat menghindari anak kucing dari rasa panik dan ingin kabur.

 

Cara memandikan anak kucing  yang terakhir adalah keringkan anak kucing menggunakan handuk hingga kering. PetLovers dapat melepas mereka di dalam rumah agar mereka dapat mengeringkan tubuhnya dengan cara menjilati bulunya sendiri. Sediakan ruangan yang nyaman dan jauh dari gangguan manusia atau hewan lain. Memberikan hadiah berupa makanan juga dapat membantu mengurangi rasa stres setelah mandi. Berikan PRO PLAN Kitten yang mengandung kolostrum untuk daya tahan tubuh yang lebih baik. Selain kandungan gizi yang baik, pastinya PRO PLAN Kitten memiliki rasa yang disukai oleh kucing.