Mengenali Kerontokan Bulu Kucing Bagian Atas Mata & Telinga

Masalah bulu atau rambut kucing sangat beragam. Seperti halnya penyebab bulu kucing rontok, yang beragam juga faktornya.

Salah satu yang menarik untuk dibahas adalah, ketika terdapat kerontokan bulu atau rambut di area tertentu saja. Seperti di area atas mata & di dekat telinga. Sampai sini, pertanyaan yang muncul adalah apa penyebab dari kerontokan rambut seperti ini? Apa istilah khusus untuk masalah kerontokan di area dekat mata & telinga?

Yuk Kenali Facial Alopecia

Facial Alopecia adalah proses penuaan yang normal terjadi pada kucing di mana terjadi penipisan rambut di bagian atas mata & telinga.

Proses ini berlangsung ketika kucing mulai berusia 14 hingga 20 bulan. Dan berlanjut hingga dia berusia 3 tahun. Meski menjadi salah satu penyebab bulu kucing rontok, tapi Facial Alopecia bukanlah kelainan medis.

Adakah Penyebab Lainnya?

Selain Facial Alopecia, kerontokan di area mata & telinga juga bisa disebabkan faktor genetika.

Beberapa kucing yang rentan terhadap kerontokan rambut secara genetik adalah Siamese, Burmese, Birman & Devon Rex.

Bagaimana Jika Terjadi Pada Kitten?

Seperti yang disebutkan di atas, Facial Alopecia memang umum terjadi pada kucing dewasa. Tapi tidak menutup kemungkinan, kitten pun bisa mengalami kerontokan rambut di area dekat mata & telinga.

Salah satu penyebabnya adalah infeksi, bakteri, jamur hingga alergi. Karena sewajarnya, rambut anak kucing akan terus tumbuh seiring bertambahnya usia. Maka jika kitten kamu mengalami kondisi sebaliknya, sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan terdekat.

Bagaimana Jika Terjadi Pada Kitten?

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya tergantung pada penyebabnya. Jika karena infeksi kulit, sebaiknya diberikan antibiotik. Jika karena jamur, bisa dengan memberikan pengobatan dari luar.

Akan tetapi, langkah pertama yang harus PetLovers lakukan adalah membawanya ke dokter ahli untuk dilakukan pengecekan secara medis. Setelah itu, baru akan ketahuan penyebab dan langkah medis yang harus diterapkan.

Tapi sebenarnya, masalah rambut pada kucing bisa dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat. Dalam hal ini, pemilihan makanan harian sangat penting untuk mencegah terjadinya masalah bulu pada kucing. Dalam hal ini, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Derma Plus. Apa saja manfaatnya? PetLovers bisa kenali manfaatnya di sini.

Jika ingin cari tau jawaban dari masalah lain seputar rambut kucing, PetLovers bisa membacanya di 5 Pertanyaan Populer Seputar Masalah Pada Rambut Kucing.