Mengenali Berat Badan Ideal Pada Kucing

Banyak PetLovers yang ingin kucingnya gemuk. Wajar jika banyak juga yang mencari makanan penggemuk kucing.

Kucing yang gemuk mungkin terlihat lucu, tapi ada yang lebih penting yakni kesehatan tubuhnya itu sendiri. Untuk itu, daripada memikirkan bagaimana menggemukkan kucing, lebih baik memastikan apakah berat badan kucing PetLovers sudah ideal atau belum?

Berat Badan Ideal untuk Kucing

Berat badan kucing berbeda-beda mengikuti perkembangan usianya. Tapi, bukan berarti tidak ada parameter untuk mengenali berat badan ideal untuk kucing. 

Salah satu cara mengenalinya adalah dengan meraba tubuh kucing PetLovers. Kucing yang terlalu gemuk, ketika diraba tubuhnya maka PetLovers sulit merasakan tulang rusuknya karena lapisan lemak terlalu tebal. 

Sebaliknya, kucing yang terlalu kurus, tulang rusuknya akan terlalu kelihatan, meski pun PetLovers tidak merabanya. Mengukur berat badan akan menjadi keputusan yang tepat sebelum PetLovers memutuskan untuk membeli makanan penggemuk kucing atau tidak.

Penyebab Kucing Kelebihan Berat Badan

Banyak faktor yang membuat kucing kelebihan berat badan. Salah satunya adalah pemberian porsi makan yang berlebihan. Kadang, yang sering terjadi pada kucing rumahan adalah, mereka sering mendatangi PetLovers dengan wajah sedih seolah masih ingin diberikan tambahan makanan. Jika PetLovers tidak disiplin menerapkan pola makan yang tepat, maka hal seperti ini bisa membuat kucing kelebihan berat badan.

Selain itu juga soal perilaku. Ada beberapa kucing yang memang malas gerak. Hal ini bisa mempengaruhi berat badannya. Kucing yang dikebiri atau di-steril juga akan mengalami peningkatan berat badan jika tidak didukung asupan makanan yang tepat serta olahraga yang cukup.

Bahaya Kelebihan Berat Badan

Sekali lagi, kucing gemuk memang lucu, tapi tidak akan jadi lucu jika kucing PetLovers sakit karena kelebihan berat badan. Berat badan berlebihan juga membuat kucing berpotensi terkena diabetes, kerja organ tubuh seperti jantung jadi lebih berat dan masalah pencernaan.

Sebelum memutuskan untuk membeli makanan penggemuk kucing, lebih baik lihat dulu berat badan kucing PetLovers dengan cara cek gambar berikut untuk melihat berat badan ideal pada kucing.

makanan penggemuk kucing

Agar Kucing Tidak Kegemukan

Salah satu agar kucing tidak mengalami kelebihan berat badan adalah dengan menjaga pola makannya. Pemberian makanan dengan kalori yang rendah akan membantu mengurangi resiko kelebihan berat badan. Perlu diperhatikan juga kadar protein lemak dan serat dalam makanan kucing PetLovers. Kandungan protein dan lemak yang tinggi dapat menjaga masa otot kucing dan memberikan sensasi rasa kenyang. Tapi kandungan lemak harus rendah sehingga tujuan menjaga berat badan tercapai. Selain menjaga pola makan, menjaga aktivitas kucing tetap tinggi juga dapat membantu menjaga bobot idealnya. Petlovers bisa mengajari kucing untuk bermain atau memberikan puzzle treat sehingga mereka tetap aktif.

Penyebab Kucing Terlalu Kurus

Sebenarnya, saat kucing sehat, kucing dewasa tidak akan mengalami perubahan berat badan secara signifikan. Oleh karena itu, jika tiba-tiba kucing dewasa, kehilangan berat badannya, bisa jadi karena ada masalah kesehatan. Konsultasikan dengan dokter hewan jika kucing mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Sama seperti masalah ketika kucing kegemukan, kucing yang terlalu kurus pun bisa jadi karena porsi makannya yang kurang. Untuk itu penting memerhatikan takaran saji yang ada di belakang kemasan. Penting juga memerhatikan komposisi dari makanan kucing tersebut agar memenuhi nutrisi harian. Karena jika tidak, berat badan kucing akan di bawah ideal.

Agar Kucing Tidak Terlalu Kurus

Seperti anjuran sebelumnya, cek dulu kondisi kesehatannya. Bawa kucing ke dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Untuk menjaga berat badan kucing agar tidak kegemukan, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss dengan nutrisi seimbang yang menggabungkan nutrisi penting seperti vitamin A, C dan E, juga Asam Lemak Omega 3 & 6 dalam diet protein tinggi.

Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama karena kandungan protein yang tinggi dan karbohidrat kompleks serta serat yang memadai. Kandungan lemak pada Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss yang lebih rendah 25% dari kandungan makanan kucing normal dapat membantu menjaga berat badan ideal kucing PetLoves.

Jika kucing terlalu kurus, PetLovers bisa memberikan makanan penggemuk kucing Pro Plan Adult yang tersedia dalam dua rasa yakni salmon & chicken yang tidak hanya membantu kucing kamu mencapai berat badan ideal, tapi juga mendukung sendi yang sehat untuk kucing yang aktif.

Ingin mendapatkan rekomendasi makanan sesuai kebutuhan kucing PetLovers, yuk konsultasi terlebih dahulu dengan scientific expert Purina Pro Plan di www.proplan.co.id.