Manfaat Memberikan Makanan Kering Pada Kucing

Sebelum membahasnya lebih lanjut, mana yang biasanya PetLovers berikan untuk kucing kesayangan? Makanan kering (dry food) atau basah (wet food)? Jenis-jenis makanan kucing memang sangat beragam, tapi memilih makanan kering sebagai makanan utama kucing akan memberikan banyak manfaat untuk PetLovers.

Apa saja manfaatnya? PetLovers bisa menyimaknya lebih detail di artikel berikut.

Membersihkan Gigi

PetLovers sudah tau belum, kalau 80 persen kucing mengalami penyakit periodontal. Apa itu periodontal? Penyakit ini menyerang bagian gigi yang kadang juga disertai peradangan. Jika sudah terkena periodontal, gigi kucing kesayangan mudah goyah dan lepas. Akibat lebih lanjut, kucing merasa tidak nyaman yang secara otomatis akan mengganggu PetLovers dalam perawatannya.

Karena fakta seputar periodontal di atas, maka penting sekali untuk menjaga kesehatan kucing kesayangan. Sebenarnya, kebiasaan makan makanan kering bisa membantu mengurangi plak pada gigi kucing. Aktivitas mengunyah makanan kering mampu membersihkan plak di mana manfaat seperti ini tidak bisa didapatkan ketika kucing makan makanan basah.

Tahan Lebih Lama

Kebiasaan makan kucing sangat berbeda dengan anjing. Coba PetLovers amati. Ketika diberikan makanan, anjing cenderung langsung memakannya dengan lahap. Sementara, kucing lebih sering bermasalah dengan nafsu makan.

Untuk itu, memberi makanan kering akan membantu PetLovers dalam menjaga kebersihan makanan hewan kesayangan. Karena merk makanan kucing super premium seperti PRO PLAN, bisa bertahan hingga 60 menit setelah dikeluarkan dari kemasannya. Sedangkan makanan basah, hanya bertahan 30 menit saja. Jika melebihi durasi tersebut akan memungkinkan lahirnya bakteri.

Dari sini, PetLovers juga mendapatkan informasi penting untuk selalu memerhatikan durasi pemberian makanan setelah dikeluarkan dari kemasan agar kualitasnya tetap terjaga ya, PetLovers.

Mudah dalam Penyajian

Tidak bisa dipungkiri, banyak rutinitas yang sudah menunggu PetLovers setiap harinya; deadline yang menumpuk di kantor, jadwal ketemuan dengan sahabat dekat yang kadang suka diundur, hingga jadwal meeting dengan klien. Tapi kesibukan tersebut bukan halangan untuk selalu memberikan yang terbaik untuk kucing kesayangan.

Dalam hal ini, jenis makanan kucing kering memberi banyak kemudahan. PetLovers tidak perlu khawatir jika kucing tidak menghabiskan makanannya dalam waktu 30 menit. Selain itu, cara menuangkan makanannya pun tidak seribet makanan basah. PetLovers tidak perlu membuka kaleng, atau menyiapkan tisu karena khawatir makanan tersebut tumpah ke lantai.

Menjaga Kebersihan

Kebersihan seperti apa yang dimaksud? Ketika kucing makan, terlebih kitten, biasanya sisa makanan sering tumpah di area sekitar mangkuk makanan tersebut. Makanan basah juga mengharuskan PetLovers untuk mencuci mangkok sebelum menuangkan makanan di atasnya.

Bandingkan jika PetLovers memberikan makanan kering. Kebersihan area di sekitar tempat makan kucing lebih terjaga, selain itu mangkok tempat makannya juga tidak sekotor saat dituangkan makanan basah.

Untuk melengkapi artikel ini, sebenarnya PetLovers tetap butuh memberikan makanan basah. Asalkan tidak menjadikannya sebagai makanan harian. Jika selama ini PetLovers masih memberikan makanan basah ke kucing kesayangan, saatnya beralih ke PRO PLAN yang mempunyai banyak varian produk sesuai kebutuhan nutrisi kucing di setiap tahapan usia serta kebutuhan lebih spesifik seperti untuk perawatan bulu rontok, mengembalikan nafsu makan hingga membuat berat badan kucing kembali normal. PetLovers bisa menyimak info produk lebih lengkap di sini.