Makanan yang Disukai Kucing

Makanan kesukaan kucing? Pernahkah PetLovers membayangkannya? Bagaimana teksturnya? Apakah harus makanan basah? Atau PetLovers punya kucing yang mudah bosan dengan makanannya?

Nafsu makan kucing dipengaruhi oleh indra penciumannya, dimana indra penciuman kucing 5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan manusia.

Jadi, makanan seperti apa yang dapat membuat kucing PetLovers selalu menunggu momen makannya?

Makanan Kesukaan Kucing: Punya Aroma Kuat

Coba cek kebiasaan kucing sebelum makan, PetLovers. Seringkali mereka mengendus makanan yang ada di mangkuknya sebelum mereka menikmati makanan tersebut.

Jika aroma dari makanan tersebut tidak menarik, kucing akan melewatkan jam makannya dan lebih memilih duduk di bawah kursi atau tidur-tiduran di pojok ruangan. Sedih kan jika hal ini terjadi?

Kenapa kucing selalu mengendus makanannya?

Kucing memiliki 65 juta reseptor penciuman. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding manusia yang hanya memiliki 15 juta saja. Untuk itu, aroma makanan yang kuat jadi salah satu penentu apakah kucing akan menyukai makanan tersebut atau tidak.

Faktor yang mempengaruhi aroma yang kuat dari makanan adalah kandungan protein dan lemaknya. Menurut standar internasional yang dikeluarkan oleh AAFCO (Association American Feed Control Official) minimum kandungan protein didalam makanan kucing dewasa yaitu 26% dan lemak 9%. Protein dan lemak berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas harian kucingmu. Selain sebagai sumber energi, protein dan lemak juga berperan dalam meningkatkan palatabilitas (cita rasa) pada makanan. Pastikan asupan protein dan lemak kucingmu terpenuhi dalam makanannya.

Makanan Kesukaan Kucing: Suhu Tidak Dingin

Selain aroma, yang tidak kalah penting adalah suhu dari makanan tersebut, PetLovers. Kucing lebih menyukai makanan yang suhunya sedikit hangat atau paling tidak berada di level suhu tubuh normal kucing yaitu berkisar 38-39°C.

Nah, ini jadi pelajaran penting buat PetLovers. Jika PetLovers sering menyimpan makanan kucing di dalam kulkas (biasanya berlaku untuk makanan basah), sebaiknya diamkan terlebih dahulu atau hangatkan makanan tersebut dengan cara dicampur dengan sedikit air hangat sebelum diberikan untuk kucing PetLovers. Namun tidak disarankan untuk dihangatkan dengan menggunakan microwave ataupun proses pemanasan lainnya karena dapat merusak kandungan nutrisi didalam makanan tersebut.

Berbicara soal makanan basah, pastikan untuk membuang sisa makanan basah yang masih disimpan dalam kulkas selama 2 hari ya, PetLovers.

Makanan Kesukaan Kucing: Diletakkan di Posisi yang Tepat

Jika dua poin sebelumnya berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi kucing, kali ini lebih pada letak mangkuk makanan tersebut.

Seberapa pengaruh sih sebenarnya?

Seperti manusia, kucing pun butuh kenyamanan untuk jam makannya. Lalu bagaimana peletakan mangkuk yang tepat? Jauhkan dari keramaian. Jangan taruh mangkuk kucing di dekat pintu atau area yang sering dilewati manusia.

Tidak hanya posisi, tapi juga kebersihannya pun harus dijaga. Pastikan bersih dan tidak mengandung aroma menyengat (seperti deterjen) yang mengganggu nafsu makan kucing. Bahkan, bentuk mangkuk pun berpengaruh lho, PetLovers. Kucing lebih suka mangkuk oval untuk memudahkan dia mengambil kibble yang ada di dalamnya.

Kenapa Kucing Suka Makan Rumput?

Topik ini sepertinya perlu untuk dibahas. Karena Pro Plan juga sering mendapatkan pertanyaan apakah kucing boleh makan rumput?

Meskipun bukan makanan utama, tapi sesekali kucing mengkonsumsi rumput untuk kebutuhan serat hariannya.

Rumput merupakan salah satu sumber serat di alam. Serat bisa membantu kucing mengeluarkan hairball. Namun, mengonsumsi rumput liar di halaman dapat beresiko membawa telur cacing, sehingga kucing PetLovers dapat terinfeksi cacing akibat mengonsumsi rumput tersebut. Sebaiknya perhatikan makanan kucingmu, makanan yang cukup serat akan memenuhi kebutuhan serat untuk kucingmu sehingga mencegahnya makan rumput dan terinfeksi cacing. Kucing dewasa membutuhkan sekitar 3% serat di dalam kandungan makanannya.

Rekomendasi Makanan untuk Kucing Susah Makan

Pro Plan membantu PetLovers mencari makanan kesukaan kucing lewat produk Pro Plan Adult Delicate khusus untuk kucing yang mempunyai pencernaan sensitif dan selera makan yang rewel karena diformulasikan khusus sehingga memiliki cita rasa yang enak untuk kucing PetLovers.

Untuk menjaga kucing kamu tetap sehat dan terjaga nutrisinya, konsultasikan pada dokter ahli, petshop atau breeder terdekat ya PetLovers. Untuk info produk Pro Plan lebih lengkap atau untuk konsultasi dengan dokter ahli Pro Plan, bisa dilihat mengunjungi www.proplan.co.id.