Makanan yang Dibutuhkan untuk Pertumbuhan Anak Kucing

Makanan untuk anak kucing sangat penting untuk mencukupi kebutuhan di masa pertumbuhannya. Karena di periode ini, mereka sangat aktif sehingga selalu ingin mencari tau lingkungan sekitarnya.

Kitten memang mempunyai pertumbuhan yang cepat. Dari saat mereka lahir hingga mencapai usia 12 bulan, mereka mengalami banyak perubahan dari rambut, gigi, postur tubuh hingga perilakunya. Agar PetLovers bisa memberikan treatment terbaik selama masa pertumbuhan mereka, penting untuk memahami masa pertumbuhan kitten itu sendiri.

Tahap Perkembangan Anak Kucing

Secara keseluruhan, periode kitten adalah masa pertumbuhan dari 1-12 bulan. Kecuali untuk kucing ras besar seperti contoh Main Coon di mana periode kitten mereka hingga 18 bulan.

Ada tiga fase yang sangat penting dalam pertumbuhan anak kucing. Di tiga fase ini juga, makanan untuk kucing kucing harus sangat diperhatikan. Jadi apa saja fase tersebut?

1. Minggu Pertama-Ketiga

Ini adalah momen-momen awal yang membutuhkan perhatian ekstra. Bagi PetLovers yang baru pertama melihat atau bahkan membantu kelahiran kitten, ini pasti jadi momen yang tidak akan pernah terlupakan.

Selama minggu pertama, mereka sangat bergantung dengan induknya. Minggu kedua, mata anak kucing mulai terbuka, meskipun penglihatannya belum jelas. Baru di minggu ketiga, indera pendengaran dan penciumannya mulai berfungsi.

2. Minggu Keempat-Keenam

Minggu keempat atau sebulan pertama dia tumbuh, biasanya anak-anak kucing sudah mulai suka menjelajahi lingkungan sekitarnya, seperti naik-naik di atas kandang, masuk ke bawah sofa, hingga memanjat perabotan rumah yang terbuat dari kayu dan sejenisnya.

Di minggu berikutnya, yakni minggu kelima dan keenam, mereka tumbuh seperti kucing dewasa. Di mana mereka sudah mulai bisa merespons saat PetLovers ajak bermain, biasanya respons mereka dalam bentuk uluran kaki depan atau bisa juga gigitan.

3. Minggu Ketujuh-Kesepuluh

Di fase ketiga ini, tubuh kucing semakin besar. Tapi jangan mengira bahwa dia sudah masuk tahapan kucing dewasa. Karena cepatnya pertumbuhan mereka, dan perilaku yang sangat aktif, di fase ini sebaiknya PetLovers mulai memotong kukunya, menyisir rambutnya dan rajin grooming karena jika tidak anak kucing akan mudah terkena jamur.

Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Kucing

Dengan banyaknya perbedaan kebiasaan antara anak kucing dan kucing dewasa, maka pemberian nutrisinya pun tidak bisa disamakan. Berikut nutrisi yang dibutuhkan dalam makanan untuk anak kucing.

1. Protein & Lemak

Kandungan protein dan lemak dalam makanan untuk anak kucing harus lebih tinggi dibandingkan makanan untuk kucing dewasa. Kandungan protein yang disarankan oleh AAFCO adalah minimal 30% dan kandungan lemaknya 9%. Hal ini diperlukan karena anak kucing memiliki aktivitas dan metabolisme yang tinggi.

2. DHA

Ini adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan penglihatan pada anak kucing. Cek produk makanan untuk anak kucing yang PetLovers beli. Pastikan mengandung DHA 0.02% dalam makanannya.

3. Vitamin & Mineral

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang mendukung pertumbuhan anak kucing.

4. Kalsium & Fosfor

Dua nutrisi ini penting untuk pertumbuhan tulang. Jika pertumbuhan tulang dan giginya baik, kucing pun bisa mencapai bentuk tubuh yang maksimal.

Kapan Boleh Diberikan Makanan Kering?

Kucing mulai mengonsumsi makanan (di luar susu dari induknya) saat dia masuk usia 6 minggu. PetLovers bisa memberikan Pro Plan Kitten untuk memenuhi nutrisi hariannya.

Di usia 6 minggu adalah usia awal dimana anak kucing belajar makan makanan lain selain susu dari induknya. Selain itu saat usia 6 minggu belajar untuk mengunyah makanan. PetLovers bisa membantu proses belajar anak kucing dengan memberikan Pro Plan Kitten yang telah diberi air hangat supaya kibble-nya tidak terlalu keras. Selain itu ukuran kibble pada Pro Plan Kitten yang kecil akan memudahkan kitten PetLovers untuk mengunyah.

Pada satu tahun pertama, anak kucing sangat rentan terhadap infeksi, diare dan masalah pencernaan. Untuk itu, makanan untuk anak kucing pun harus mengandung formula khusus agar kitten terhindar dari resiko tersebut. Dalam hal ini, Pro Plan Kitten telah diperkaya dengan kolostrum yang membantu memperkuat imunitas dan kesehatan pencernaan.

Jika terjadi masalah pada kesehatan kitten, segera konsultasikan dengan dokter hewan terdekat untuk dilakukan pengecekan secara medis. Tapi untuk menambah informasi PetLovers seputar perawatan kitten, PetLovers bisa konsultasi dengan scientific expert Purina Pro Plan di www.proplan.co.id.