Makanan Basah yang Bagus untuk Kucing

PetLovers sudah pernah memberikan Pro Plan Wet untuk kucing kamu? Selain makanan kering, kini Pro Plan juga hadir dalam bentuk makanan basah untuk membantu menyeimbangkan diet kucing.

Membahas tentang makanan basah memang sangat menarik. Karena banyak informasi yang bisa disampaikan ke PetLovers, mulai dari kenapa harus diberikan makanan basah, apa manfaatnya hingga cara memilih makanan basah yang bagus untuk kucing. Yuk kita bahas satu persatu.

Kenapa Harus Diberikan Makanan Basah?

Kebutuhan nutrisi kucing sangat beragam. Selain protein, serat, asam lemak, yang tidak boleh terlewatkan adalah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kucing. Kenapa ini penting untuk diperhatikan?

Di alam liar, sebagian kebutuhan air terpenuhi dengan mereka memangsa hewan liar dan memakan dagingnya. Akan tetapi, perilaku ini berubah setelah kucing menjadi hewan peliharaan rumahan. Makanan kering telah memberikan banyak asupan nutrisi, akan tetapi, kadar air makanan kering lebih rendah dibanding makanan basah di mana makanan kering hanya mengandung kurang dari 20% air. Dalam hal ini Pro Plan Wet hadir untuk melengkapi diet harian kucing.

Manfaat Makanan Basah

Ada banyak manfaat dalam makanan basah yang PetLovers berikan untuk kucing. Seperti membantu kucing terhidrasi. Air sangat penting untuk membantu reaksi kimia dalam tubuh kucing hingga pada mobilitas sendi kucing. Makanan basah mampu menjawab kebutuhan tersebut karena mengandung kadar air sangat tinggi. Pro Plan Wet misalnya, kadar airnya mencapai 80% dari total kandungan dalam makanan kucing.

Makanan basah juga membantu mempertahankan masa otot hingga memasuki tahapan usia senior. Hal ini karena makanan basah mengandung protein yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, makanan basah juga penting untuk menjaga nafsu makan kucing karena aroma yang lebih kuat.

Cara Memilih Makanan Basah untuk Kucing

1. Pilih yang Menyesuaikan Tahapan Usia Kucing

Kebutuhan nutrisi kucing di periode kitten akan berbeda dengan kucing dewasa. Sama seperti makanan kering, makanan basah yang bagus akan menyesuaikan kebutuhan nutrisi kucing sesuai tahapan usianya. Dalam hal ini, Pro Plan Wet telah hadir dengan 7 varian dari mulai untuk kitten, kucing dewasa, hingga kucing senior (di atas  7 tahun).

2. Cek Kandungan Nutrisinya

Makanan basah terbaik mengandung nutrisi penting termasuk vitamin dan mineral seperti zat besi untuk mendukung sistem jaringan tubuh. Zinc untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kulit, mata, dan tulang.

Selain itu juga ada biotin dalam bentuk vitamin B yang membantu mendukung pelepasan energi dan menjaga kesehatan kulit. Jadi, pastikan makanan basah yang kamu beli mengandung nutrisi penting tersebut.

3. Cek Kandungan Bahan

Pastikan makanan basah yang PetLovers beli terbuat dari bahan-bahan asli untuk mendukung aroma dan rasa yang lebih lezat. Seperti Pro Plan Wet yang terbuat dari daging ayam dan salmon asli.

Rekomendasi Makanan Basah Terbaik untuk Kucing

Seperti yang disebutkan di atas, makanan basah harus menyesuaikan kebutuhan nutrisi sesuai tahapan usia kucing. Dalam hal ini, Pro Plan Wet telah hadir dalam tujuh varian, yakni Pro Plan Wet Kitten Salmon, Pro Plan Wet Kitten Chicken, Pro Plan Wet Adult, Pro Plan Wet Adult 7+, Pro Plan Wet Urinary Tract Health, Pro Plan Wet Derma Plus, Pro Plan Wet Sensitive.

Pro Plan Wet

Tujuh varian tersebut juga untuk menjawab berbagai macam kebutuhan kucing. Seperti Pro Plan Wet Urinary Tract Health yang diformulasikan khusus untuk mendukung kesehatan saluran kemih, Pro Plan Wet Derma Plus yang membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan mengontrol hairball, serta Pro Plan Wet Sensitive dengan protein yang mudah dicerna untuk membantu kucing dengan pencernaan sensitif.