Makanan Anak Kucing Agar Tumbuh Sehat

Sebelum membahas makanan anak kucing, coba tebak PetLovers. Usia berapa sih sebenarnya anak kucing mulai bisa makan?

Satu bulan?

Dua bulan?

Atau tiga bulan? 

Anak kucing mulai belajar makan di usia 1 bulan. Mereka mulai makan dengan mencontoh induknya saat makan. Namun sampai usia 2 bulan, susu induk merupakan asupan utama untuk anak kucing. Anak kucing mulai berhenti menyusu dan beralih ke makan makanan padat pada usia di atas 2 bulan.

Susu induk memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak kucing untuk masa pertumbuhan awalnya karena kaya akan protein, lemak, dan mineral seperti kalsium. Selain itu, susu induk mengandung kolostrum. Apa itu kolostrum?

Kolostrum adalah kekebalan tubuh dari susu induk yang hanya diproduksi pada 72 jam pertama sejak induk melahirkan anak kucing. Kekebalan tubuh dari susu induk ini sangat dibutuhkan untuk kekebalan tubuh anak kucing yang masih sangat rentan.

Lalu, apakah makanan untuk anak kucing berbeda antara anak kucing domestik/ kampung dengan anak kucing ras lainnya, PetLovers?

Makanan anak kucing kampung dan anak kucing ras lain tentunya tidak memiliki perbedaan. Karena nutrisi yang dibutuhkan anak kucing kampung ataupun anak kucing ras lainnya tetap sama. Kebutuhan nutrisi kucing dibedakan berdasarkan usia, aktivitas harian, dan kebutuhan khusus lainnya.

Lalu nutrisi apa yang dibutuhkan pada makanan anak kucing baik anak kucing kampung maupun anak kucing ras lainnya agar mereka dapat tumbuh sehat?

Kalori

Makanan anak kucing kampung ataupun ras lainnya membutuhkan kalori yang tinggi untuk masa pertumbuhannya. Kalori bisa didapatkan dari protein dan lemak. Kandungan protein dan lemak pada makanan anak kucing harus lebih tinggi dibandingkan pada makanan kucing dewasa. 

Menurut organisasi yang memberikan standar nutrisi pada makanan hewan yaitu Association of American Feed Control Officials (AAFCO), kebutuhan protein minimal pada makanan anak kucing yaitu 30%, sedangkan kebutuhan minimal lemak yaitu 9%.

Protein dan lemak sangat dibutuhkan pada makanan anak kucing baik anak kucing kampung maupun anak kucing ras lainnya karena pada masa pertumbuhan dibutuhkan kalori yang tinggi untuk pertumbuhan tulang, otot, serta organ tubuh lainnya.

DHA

DHA atau Docosahexaenoic Acid merupakan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan pada makanan anak kucing karena berfungsi untuk perkembangan mata dan otak. Menurut AAFCO, DHA minimal dibutuhkan 0.01% pada makanan anak kucing dalam tahap pertumbuhannya.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral tentunya sangat dibutuhkan pada makanan anak kucing. Vitamin E dan mineral seperti Selenium merupakan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak kucing. Menurut AAFCO dibutuhkan Vitamin E 40 IU/ kg dan Selenium 0.3 mg/ kg dalam makanan anak kucing. Sedangkan mineral lainnya seperti kalsium dan fosfor dibutuhkan pada makanan anak kucing karena berfungsi dalam pertumbuhan tulang dan membentuk tulang menjadi solid. Kalsium sebanyak 1.0% dan fosfor 0.8% harus terdapat pada makanan kucing selama masa pertumbuhan.

Para dokter hewan dan ahli nutrisi Purina telah mengidentifikasi gizi pada makanan yang dapat mendorong perlindungan alami anak kucing. Dalam hal ini, penambahan kolostrum pada Pro Plan Kitten dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada anak kucing agar anak kucing tumbuh sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Untuk pertumbuhan anak kucing yang sehat, PetLovers dapat memberikan Pro Plan Kitten untuk menjaga kesehatan anak kucing usia 6 minggu - 1 tahun. Pada usia 6-8 minggu, kibble Pro Plan Kitten dapat dicampur dengan air hangat untuk membantunya belajar makan makanan kering.

Agar nutrisi kucing kesayangan kamu tetap terjaga, selalu konsultasikan dengan dokter hewan, petshop atau breeder terdekat untuk kebutuhan nutrisi anak kucing kampung (atau domestik) ataupun ras-ras lainnya.