Macam-macam Makanan Terbaik untuk Kucing

Apakah PetLovers sudah siap untuk memelihara kucing? Tentu, ketika pertama kali memelihara kucing, PetLovers akan bertanya-tanya apa saja makanan yang bisa diberikan untuk kucing? Lalu apa saja makanan kucing terbaik?

Kali ini, Pro Plan mengajak PetLovers untuk mengenali macam-macam makanan kucing.

Sebenarnya, secara garis besar, makanan kucing terbagi menjadi dua, yaitu makanan utama yang terdiri dari dry food (makanan kering) dan wet food (makanan basah) kemudian makanan pendamping atau yang biasa disebut snack untuk kucing. Kali ini, Pro Plan akan membahas lebih lengkap mengenai masing-masing jenis makanan beserta beberapa contohnya.

Makanan Utama

Makanan utama berarti jenis makanan yang memberikan kontribusi utama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka. Makanan utama ini sekaligus jadi makanan harian kucing di rumah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan utama ini terdiri dari makanan kering dan makanan basah.

Makanan Kering

Makanan kering untuk kucing sangat populer dan menjadi pilihan di kalangan PetLovers karena berbagai alasan. Hal ini dikarenakan makanan kering memberikan banyak manfaat bagi kucing kesayangan PetLovers, seperti:

● Membersihkan Gigi

Makanan kucing terbaik ini dapat membantu untuk mengurangi plak pada gigi kucing, yang mana kucing sangat rentan mengalami penyakit periodontal, yaitu penyakit yang menyerang bagian gigi dan kadang disertai dengan peradangan sehingga membuat kucing PetLovers merasa tidak nyaman. 

● Tahan Lebih Lama

Kucing memiliki kebiasaan yang berbeda dengan anjing. Seringkali kucing tidak langsung menghabiskan makanan yang sudah PetLovers berikan. Untungnya, jika PetLovers menyajikan makanan kering, maka kesegaran makanan tersebut bisa bertahan hingga 60 menit setelah disajikan. 

● Mudah untuk Disajikan

PetLovers tentu memiliki aktivitas yang padat setiap harinya, untuk itu makanan kering menjadi salah satu opsi populer di kalangan PetLovers, karena sangat mudah dan cepat dalam penyajiannya. Selain itu, yang paling penting dari makanan kering adalah nutrisinya lengkap dan seimbang, sehingga bisa menjadi makanan utama.

● Nutrisi Lengkap & Seimbang

Ini alasan paling penting kenapa makanan kering jadi makanan utama untuk kucing. Di dalam makanan kering, terdapat nutrisi lengkap dan seimbang untuk mendukung kesehatan tubuh kucing.

Baca juga: Manfaat Makanan Basah untuk Kucing

Makanan Basah

Kucing membutuhkan banyak cairan atau air dalam tubuh mereka, maka dari itu makanan basah menjadi salah satu metode untuk memenuhi asupan cairan untuk tubuh kucing.
 

Untuk itu, salah satu cara memberikan makanan kucing terbaik adalah mengkombinasikan antara makanan basah dan makanan kering untuk kucing kesayangan Anda. Selain memenuhi cairan dalam tubuh kucing, berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi makanan basah untuk kucing:

● Meningkatkan Massa Tubuh Ramping

Makanan basah umumnya mengandung protein yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu kesehatan kucing Anda dan mempertahankan otot mereka selama masa dewasa hingga senior.

● Menu yang Lebih Variatif

Kucing memiliki nafsu makan yang sering bermasalah. Sama seperti manusia, kucing pun mudah bosan bila makan makanan yang sama setiap harinya, maka dari itu makanan basah bisa menjadi salah satu alternatif karena memiliki banyak variasi rasa dan tekstur yang dapat dipilih.

● Mengandung Nutrisi yang Tidak Kalah Dibanding Makanan Kering

Makanan basah sangat mudah untuk dicerna oleh kucing dan mengandung nutrisi penting yang juga ada dalam makanan kering, seperti Pro Plan Wet Adult yang mengandung banyak vitamin, mineral, zat besi serta kalori yang cukup untuk menjaga berat badan ideal kucing PetLovers.

Makanan kucing terbaik

Makanan Pendamping

Setelah makanan utama, kini saatnya PetLovers mengenali makanan pendamping (snack) untuk kucing. 

Sama seperti manusia, camilan jadi alternatif makanan yang sangat disukai kucing. Hanya saja, pemilihan camilannya pun tidak boleh sembarangan. Seperti tidak boleh memberikan camilan yang biasa dikonsumsi manusia ke kucing, karena bisa jadi tinggi kalori dan kandungan garamnya.

Fungsi camilan tidak hanya sebagai pendamping makanan, tapi juga untuk meningkatkan hubungan antara PetLovers dan kucing tersebut. 

Camilan kucing yang baik pun, tidak lebih dari 10% dari total asupan kalori hariannya. Untuk membantu PetLovers mencari snack terbaik untuk kucing, PetLovers bisa memberikan DentaLife Cat yang mempunyai manfaat berikut:

  • Tekstur berpori agar lebih mudah digigit dan mampu mengurangi karang gigi karena dapat mencapai sela-sela gigi yang sulit terjangkau.
  • Dirancang secara ilmiah agar gigitannya secara efektif dapat membersihkan gigi kucing.
  • Rendah kalori sehingga tidak mengganggu diet harian kucing.
  • Mendapatkan pengakuan dari VOHC (Veterinary Oral Health Council) dalam membantu secara efektif membersihkan plak gigi.

Untuk pembelian produknya bisa dicari di toko hewan langganan PetLovers. Sudah membelikan makanan utama dan makanan pendamping terbaik untuk kucing?