Latihan Dasar Untuk Kitten

Latihan Dasar Untuk Kitten

Pengalaman pertama memiliki hewan kesayangan seperti anak Kucing (kitten) pasti menjadi pengalaman yang sangat berkesan ya.  Ada beberapa hal yang Cat Owners harus ajarkan pada hewan lucu ini, karena akan makin mudah dilakukan ketika dia masih kecil. Apa saja yang harus diajarkan ke kitten?

1. Makan

Kitten mulai belajar makan di umur 30 hari. Kalau dia kurang berminat dengan makanan padat, coba untuk mencampurnya dengan susu. Secara bertahap kurangi porsi susu hingga hanya menggunakan makanan padat saja.  Umur 8 sampai 10 minggu umumnya sudah lahap makannya dan tidak bergantung pada induknya.

 

2. Littering (buang air)
 

  1. Taruhlah litter box dan kitten pada sebuah ruangan kecil tertutup, agar kitten menyadari keberadaan litter box tersebut.
  2. Lalu biarkan dia di ruangan tersebut selama kurang lebih sehari, hingga akhirnya dia akan ‘buang air’ di litter box yang sudah disediakan.
  3. Selanjutnya kamu bisa melepas kitten di dalam rumah karena dia sudah mengetahui dan mengingat proses ‘pembuangan’ di litter box.

Kalau tips di atas tidak berhasil, kamu harus mengajarkan kitten dengan cara lain.

  1. Coba perhatikan ketika dia sudah mulai mengendus dan menggaruk lantai / karpet, itu tanda-tandanya ingin buang air. 
  2. Segera bawa dan taruh kittenmu ke litter box yang sudah disediakan.         
  3. Lakukan hal ini beberapa kali hingga kitten mengerti latihan littering yang kamu berikan.

3. Mandi

Untuk menjaga kebersihannya, kita perlu memandikan kitten sebanyak 2 minggu sekali.

  1. Karena kitten itu umumnya tidak suka dengan air, maka lebih baik menggunakan air hangat yang memberikan rasa nyaman padanya.  
  2. Pegang tengkuknya, karena kitten akan lebih mudah untuk dimandikan.                         
  3.  Beberapa kitten akan sulit untuk dikeringkan menggunakan pengering (blower). Sebaiknya, taruh mereka di kandang lalu di-blower dari luar. Jadi,  kitten tidak akan lari.
  4. Atau  hidupkan blower  dekat kitten yang sedang kita keringkan dengan handuk. Biarkan kitten terbiasa mendengar blower, lalu pelan-pelan mulai dikeringkan sambil mengelusnya.

 

4. Sosialisasi

Kitten tidak semuanya memiliki karakter aktif. Beberapa kitten cenderung pemalu ketika bertemu orang atau hewan lain. Coba bawa mereka bersosialisasi dengan hewan lain. Selain itu, pancing kitten bermain menggunakan laser pen / bulu ayam. Kitten di atas 8 minggu biasanya sudah bisa diajak bermain.

 

Selamat mencoba ya Cat Owners!

Sumber:
Doni Herdaru – Animal Defenders
Darma – Jakarta Cat Lovers