Latih Kucingmu Menggunakan Toilet

Ada banyak hal yang bisa kamu terapkan pada kucingmu, salah satunya adalah menggunakan toilet rumah untuk mereka buang air. Ini tidak hanya sebuah cara melatih kucing maine coon sedari kecil, melainkan juga jenis kucing lainnya. Bagaimana cara untuk memberi latihan ini ya?

  • Dekatkan litter box pada toilet

Untuk tahap awal, letakkan litter box kucingmu di dekat toilet. Ini membuatnya terbiasa untuk mengetahui letak di mana ia harus buang air.

  • Letakkan litter box sama tinggi dengan toilet

Setelah kucingmu mulai terbiasa, pindahkan litter box-nya ke tempat yang sama tinggi dengan toilet. Kamu bisa gunakan dus untuk litter box-nya. Jangan lupa untuk menggunakan benda yang tidak licin untuk membantu kucingmu naik ke litter box agar ia tidak terpeleset.

  • Letakkan litter box di atas toilet

Setelah kucingmu sudah bisa melakukan tahap ke dua, sekarang saatnya lakukan langkah berikutnya. Pindahkan lokasi litter box dan letakkan ke atas toilet. Dengan ini, ia bisa mulai membiasakan dirinya lagi untuk buang air di tempat yang sedikit berbeda.

  • Beri dudukan toilet khusus

Sama halnya seperti anak kecil, kucing membutuhkan ukuran tepat untuk buang air di toilet. Kamu bisa gunakan dudukan toilet khusus agar kucingmu merasa nyaman saat buang air. Bagi kamu yang belum tau, kamu bisa membelinya di pet shop terdekat ya.

Lakukan setiap langkah di atas dengan waktu masing-masing 2 minggu. Jika selama itu kucingmu masih belum siap, tidak ada salahnya untuk menambahkan waktu agar ia terbiasa. Ingat, untuk anak kucing kamu harus menggunakan dudukan dan pijakan kaki yang tidak licin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Tapi, kalau kalau kamu tidak ingin menggunakannya untuk kucing dewasa, kamu bisa memberi waktu 2 minggu sampai ia siap.