Ketahui Cara Mengukur dan Berat Badan Ideal Kucingmu di Sini!

Mengukur berat badan kucing sangat penting dilakukan agar berat badannya tetap ideal, PetLovers. Kamu pun harus menambah atau mengurangi porsi makannya sesuai dengan berat badannya sekarang untuk membuatnya tetap sehat. Jika tidak diperhatikan, masalah berat badan ini dapat menganggu aktivitas dan kenyamanan kucing kesayanganmu. Lalu, bagaimana cara mengukur berat badan kucing yang bisa kamu lakukan? Pnasaran, yuk simak informasi di bawah ini!

Cara mengetahui kucingmu gemuk atau kurus

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu meraba bagian tulang rusuk kucing kesayanganmu. Apabila tulang rusuknya terasa dengan jelas saat diraba, maka kucingmu dalam keadaan kurus. Sebaliknya, tulang rusuk yang tidak bisa dirasakan lagi ketika diraba mengindikasikan kucingmu gemuk karena tertutupi oleh lemak.

Kebutuhan makanan harian kucing

Kuantitas makanan kucing bergantung pada berat badannya. Untuk kucing dewasa dengan berat sekitar 5 kg, energi makanan yang diperlukan sekitar 300 kalori per hari. Jadi, kamu perlu memerhatikan kandungan kalori pada kemasan makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan kalorinya. Bagilah jumlah kalori sesuai dengan frekuensi pemberian makan.

Cara lain, kamu dapat memberikan kucing makanan sekitar 2% dari berat badannya. Jadi, jika berat badan kucing 5 kg, makanan yang diperlukan sekitar 2% x 5 kg yaitu sekitar 100 gr per hari. Usahakan untuk tidak memberikan kucing dewasa makanan kitten, begitu pun sebaliknya.

Untuk kucing dewasa, sebaiknya kamu memberinya makan secara rutin 2 – 3 kali sehari agar dia dapat membangun nafsu makan dan menjaga berat badan. Sedangkan untuk anak kucing, berikan makanan menggunakan mangkok yang bisa dia makan kapan pun. Kamu juga dapat memberinya makanan 4 – 5 kali sehari agar membantu pertumbuhan.

Berat badan ideal sesuai jenis-jenis kucing

  1. Persia

Kucing yang terkenal memiliki sifat tenang dan mudah akrab dengan manusia ini memiliki ukuran tubuh yang tergolong sedang besar. Ketika berusia dewasa, berat badan ideal persia jantan bisa mencapi 5 – 7 kg, sementara persia betina memiliki tubuh lebih kecil dengan berat badan ideal 3 – 5 kg. Berikan dia makanan yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 untuk merawat kecantikan kulit dan rambut panjangnya (cek cara memandikan kucing persia di sini).

  1. Bengal

Kucing yang sangat aktif dan bisa diajak berburu ini memiliki berat badan ideal 5 – 8 kg untuk jantan dewasa dan 4 – 6 kg untuk bengal betina. Kucing bercorak rambut mirip leopard ini memerlukan asupan nutrisi lengkap dan seimbang agar tetap sehat dan aktif.

  1. Maine Coon

Untuk ras kucing terbesar dan terberat di dunia ini berat idealnya adalah 6 – 10 kg untuk jantan dan 4 – 7 kg untuk betina. Main Coon memerlukan makanan dengan kandungan taurine, EPA dan DHA untuk menjaga kesehatan jantungnya karena dia rentan terhadap penyakit jantung.

Ukurlah berat badan kucingmu & kebutuhan makanannya menggunakan cara di atas. Berikan juga dia makanan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisinya seperti Pro Plan Adult Cat yang mengandung banyak protein, kadar lemak sedang, dan karbohidrat. Semoga bermanfaat!