Kapan dan Bagaimana Cara Memotong Kuku Kucing?

Memotong kuku kucing termasuk bagian dari grooming yang harus dilakukan secara rutin. Hanya saja, banyak PetLovers yang terkendala dengan cara menggunting kuku kucing. Ini terkesan sulit, tapi sebenarnya jika tau caranya & biasa melakukannya, PetLovers bisa melakukannya di rumah.

Tapi, kenapa sih kuku kucing harus dipotong? PetLovers punya pendapat? Jika iya, yuk cocokkan pendapat kamu dengan ulasan Pro Plan di bawah ini.

Alasan Harus Memotong Kuku Kucing

Ada beberapa alasan. Pro Plan mencoba merangkumnya dalam beberapa poin berikut:

Mengganggu kenyamanan PetLovers

Kucing tipe hewan yang sangat butuh sentuhan kasih sayang pemiliknya. Dia akan sering mengikuti langkah kaki PetLovers, bahkan naik ke pangkuan PetLovers. Di momen ini, jika kuku kucing terlalu panjang, maka akan membuat PetLovers kesakitan.

Membahayakan kucing lainnya

Jika PetLovers punya dua ekor atau lebih kucing di dalam rumah, biasanya mereka suka bermain bersama. Seperti saling menjilati tubuh, guling-guling, hingga menindih tubuh satu sama lain. Di momen ini, jika kuku kucing terlalu panjang, maka bisa membahayakan kucing lainnya. So, dari ini penting kan mengetahui cara memotong kuku kucing biar kuku kucing di rumah tidak terlalu panjang.

Membahayakan kucing itu sendiri

Ketika kuku kucing dibiarkan panjang, biasanya akan melengkung. Kondisi ini tentu berbahaya karena membuat kucing tidak nyaman saat berjalan (terutama untuk kucing rumahan karena kuku kucing membuat lantai terasa licin).

Mudah merusak benda yang ada di rumah

Kuku yang tidak terlalu panjang saja sering membuat gorden, sofa hingga taplak meja tergores. Bagaimana jika kuku kucing jarang dipotong, PetLovers?

Lalu, kapan PetLovers harus menggunting kuku kucing?

Kucing harus dipotong kukunya setiap 10 hari hingga 2 minggu agar tidak terlalu melengkung seperti yang sudah kita bahas di atas.

Cara Memotong Kuku Kucing

Ada dua macam persiapan yang harus PetLovers lakukan. Kenapa, karena dengan menyiapkan dua hal ini akan memudahkan cara menggunting kuku kucing.

Persiapan Pertama

Banyak kucing takut ketika kukunya digunting. Untuk mengurangi rasa takut tersebut, PetLovers bisa membiasakan memijat bagian kaki kucing.

Tekan telapak kaki depan dan kaki belakang secara perlahan-lahan. Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk melakukannya.

Persiapan Kedua

Lakukan beberapa langkah ini ketika PetLovers sudah siap memotong kuku kucing.

  1. Atur mood kucing PetLovers. Jangan buat dia terlalu panik, karena dia akan takut ketika di minggu berikutnya PetLovers ingin menggunting kukunya.
  2. Siapkan gunting dan handuk.
  3. Siapkan juga obat penahan darah (mengantisipasi jika cara menggunting kuku kucing melukai kucing PetLovers).
  4. Tempat kucing di pangkuan. Balut kucing dengan handuk. Setelah itu, pastikan lengan PetLovers ada di bagian lehernya. 
  5. Tekan perlahan-lahan bagian alas kaki untuk mencari kedalaman kuku kucing.
  6. Potong bagian kuku yang tajam saja, jangan terlalu dalam. Hindari menggunting bagian kuku yang berwarna pink. Karena pada bagian kuku tersebut terdapat pembuluh darah dan syaraf. Jadi, gunting pada bagian kuku yang terlihat bening di ujung kuku saja.

Bagaimana, sudah tau cara memotong kuku kucing yang tepat?

Selesai menggunting kuku kucing, berikan dia reward dengan menyiapkan makanan lezat seperti Pro Plan ke dalam mangkuknya.

Bila PetLovers masih ragu, silahkan bawa kucing PetLovers ke dokter hewan atau pun ke petshop terdekat untuk lebih mengetahui cara memotong kuku kucing yang baik dan benar.