Kandungan Makanan Kucing yang Bagus untuk Perawatan Rambut

Kondisi rambut kucing bisa menjadi salah satu tanda kesehatan yang perlu diperhatikan. Salah satu fungsi rambut adalah sebagai awal pelindung tubuh dari berbagai jenis bahaya lingkungan seperti bakteri, parasit, dan suhu yang dapat menyebabkan masalah pada kulit. Rambut kucing juga memiliki nilai estetika yang tinggi.

Namun, rambut kucing bisa mengalami kerontokan. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan dalam memberikan makanan kucing. Makanan kucing yang bagus bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok.

Makanan kucing yang bagus harus mencakup nutrisi yang lengkap dan seimbang demi mendukung kesehatan kulit dan rambutnya. Beberapa kandungan yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut kucing adalah

  1. Protein

Protein akan dipecah menjadi asam amino yang diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Selain itu, asam amino juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut agar terbebas dari masalah ataupun penyakit. Untuk merawat rambut kucing, kandungan protein yang disarankan oleh AAFCO adalah minimal 30% dan kandungan lemaknya 9%.

  1. Asam Lemak Esensial

Selain berperan sebagai sebagai sumber utama energi, asam lemak esensial, seperti Omega-3 dan Omega-6 juga merupakan kandungan yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, serta metabolisme kucing. Kekurangan asam lemak Omega-3 dan Omega-6 pun bisa memberikan dampak buruk bagi rambut seperti warna rambut jadi memudar, terasa kering, dan mudah rontok. 

  1. Vitamin A, C dan E

Selain Vitamin A, kandungan Vitamin C dan E juga diperlukan untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh, berfungsi sebagai zat antioksidan, serta menjaga kesehatan rambut kucing.

  1. Mineral

Selain diperlukan oleh tubuh, kandungan mineral yang memadai juga dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut pada kucing PetLovers. Mineral Selenium (Se) berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas, Zinc (Zn) dan Copper (Cu) yang berfungsi menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Tips & Trik Merawat Kucing untuk Menghindari Rambut Rontok

Selain memperhatikan asupan makanan kucing yang bagus, PetLovers juga perlu melakukan berbagai langkah perawatan di bawah ini untuk membantu menghindari rambut kucing mengalami kerontokan.

  1. Menyisir rambut kucing dengan sisir bergigi rapat bisa menjadi salah satu cara membuat rambut lebih lembut dan menghilangkan rambut rontok. Selain itu, dengan menyisir rambut bisa  mengurangi hairball pada kucing.
  2. Sikat rambut kucing secara teratur. Dengan begini bisa membantu mengurangi rambut kucing yang rontok. Untuk kucing dengan tipe rambut sedang hingga panjang, gunakan sisir slicker. Jika kucing berambut pendek, gunakan sisir dua sisi
  3. Memandikan kucing secara rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, karena menghilangkan faktor-faktor penyebab masalah pada kulit dan rambut
  4. Rambut rontok pada kucing juga bisa dicegah dengan mencukupi asupan air yang cukup. Jadi, pastikan selalu sediakan segar, air bersih, dan dingin untuk diminum oleh kucing

Rekomendasi Makanan Kucing yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Rambut dari Pro Plan

Salah satu makanan kucing yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan rambut serta  mencegah kerontokan adalah Pro Plan Derma Plus yang memiliki beberapa varian sebagai berikut:

Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma

kandunga makanan kucing

Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma

Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma merupakan makanan kering untuk kucing yang di dalamnya terbuat dari salmon. Protein salmon yang berkualitas tinggi sebanyak 36%, kandungan Zinc 100mg/kg, Omega-3  sebanyak 0,6%,  Omega-6 0,7% serta vitamin A dan Vitamin B kompleks untuk memberikan nutrisi terbaik kulit dan rambut sehat.

Pro Plan Wet Derma Plus

kandunga makanan kucing

Pro Plan Wet Derma Plus

Makanan kucing yang bagus selanjutnya adalah Pro Plan Wet Derma Plus. Ini merupakan produk makanan basah untuk kucing dan mengandung salmon. Di dalamnya ada kandungan protein salmon yang berkualitas tinggi sebanyak 12,6%, kandungan Zinc sebanyak 30 mg dan Omega 3 dan 6 sebanyak 0,6% serta vitamin A dan Vitamin B kompleks untuk memberikan nutrisi terbaik kulit dan rambut sehat, sesuai dengan standar yang ditentukan oleh The Association of American Feed Control Officials (AAFCO) sehingga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan mengontrol terbentuknya hairball.

Jadi, sudah bisa menentukan makanan yang tepat untuk kucing PetLovers? Pastikan juga selalu konsultasikan kesehatan kucing PetLovers dan nutrisi yang dibutuhkannya dengan dokter hewan kesayangan atau Tanya Ahli kami melalui laman berikut.