Ingin Rambut Kucing Lebat dan Berkilau? Ikuti 3 Tips Berikut!

Memiliki kucing yang berambut tebal dan berkilau adalah impian semua PetLovers. Apalagi, kalau kucingmu di rumah merupakan jenis kucing berambut tebal seperti Angora, Himalaya, Maine Coon, atau Ragdoll. Untuk jenis kucing tersebut tentu ada perawatan khusus yang dilakukan. Makanan kucing untuk bulu atau rambutnya yang cantik juga menjadi satu hal yang perlu diperhatikan.

PetLovers pasti suka panik apabila kucing kesayangan mengalami kerontokan pada rambutnya dan menyisakan gumpalan rambut atau hairball di kursi atau perabotan rumah yang lainnya. Biasanya, PetLovers akan langsung beranggapan bahwa kucing sedang dalam kondisi tidak sehat. Padahal, kerontokan pada rambut kucing bisa saja terjadi akibat makanan yang tidak sesuai, selain juga bisa terjadi karena kucing sedang mengalami alergi, atau ada penyakit kulit lainnya.

Di bawah ini adalah cara untuk menjaga rambut kucing agar tetap lebat dan berkilau. Yuk, simak penjelasannya!

1. Atur Berat Badan dan Pola Makan Kucing

Memiliki kucing yang berisi tentu akan terlihat sangat menggemaskan dan menyenangkan. Akan tetapi, perlu PetLovers ketahui, berat badan yang berlebihan atau obesitas bisa memicu penyakit dan kerontokan rambut pada kucing. Hal ini dikarenakan kucing akan sulit untuk membersihkan tubuhnya sendiri saat dia mengalami obesitas. Selain itu, kucing juga akan malas bergerak. Tak hanya kucing yang kelebihan berat badan, kucing yang terlalu kurus juga perlu mendapatkan perhatian. Jika kucing tidak mendapatkan nutrisi yang cukup atau asupannya berkualitas buruk dan sulit dicerna, maka kucing akan kekurangan mineral dan vitamin  penting. Padahal, vitamin dan mineral ini berperan untuk seluruh aspek kesehatan kucing, termasuk rambutnya.

Nah, salah satu cara supaya kucing tidak mengalami obesitas atau kekurangan nutrisi hingga tubuhnya kurus adalah dengan mengatur pola makannya. Untuk kesehatan rambut, kulit dan tubuhnya, kucing membutuhkan diet dengan keseimbangan protein, lemak, dan serat yang baik.

Memberikan makanan pada kucing pun juga tidak sembarangan. Umumnya, pemberian makanan pada kucing diberikan dua sampai tiga kali dalam sehari dengan takaran yang sesuai. Hal ini dilakukan supaya kebutuhan nutrisi pada kucing kesayangan terpenuhi dengan baik. Jadi, kondisi kesehatan kucing dapat terjaga dan kerontokan pada rambut kucing pun dapat dihindari.

Untuk menjaga kesehatan rambut, kulit dan tubuh kucing, PetLovers membutuhkan makanan kucing untuk bulu atau rambut dengan takaran protein, lemak, dan serat yang baik. Jika kucing mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, nutrisinya berisiko tidak terpenuhi, sehingga kucing kesayangan akan rentan kekurangan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan supaya rambutnya terlihat tebal dan berkilau. Selain itu, makanan yang sulit dicerna juga berisiko menyebabkan kucing diare.

Saat PetLovers memilih makanan kucing untuk bulu atau rambut yang lebat dan berkilau, perhatikan juga kandungan vitamin A, vitamin E, serta omega 6 dan omega 3 dalam komposisinya. Hal ini perlu diperhatikan agar kucing terhindar dari masalah kulit, dan rambut kucing bisa terjaga dengan baik. Nah, nutrisi sesuai takaran pada makanan kucing untuk bulu atau rambutnya ini dapat ditemukan pada Pro Plan Adult Derma Plus, lho. 

Pro Plan Adult Derma Plus kaya akan protein dari salmon. Vitamin dan mineral dalam Pro Plan Adult Derma Plus juga membantu menjaga kesehatan kulit dan kilau rambut kucing serta mengurangi kerontokannya.

2. Berikan Jadwal Grooming Kucing Kesayangan yang Tepat

Selain mengatur pola makan dan memilih makanan kucing untuk bulu atau rambut yang lebat dan berkilau, hal yang PetLovers perlu perhatikan selanjutnya adalah jadwal grooming. Sama seperti manusia, kucing juga perlu dibersihkan dengan cara grooming basah seperti mandi, dan grooming kering dengan cara dipotong kukunya serta disisir rambutnya. Hal ini dilakukan agar kucing tetap bersih dan terjaga kesehatan kulit serta rambutnya.

Bila kucingmu sedang dalam kondisi tidak sehat, PetLovers cukup membersihkan rambut kucing dengan dilap basah lalu dikeringkan. Jadi, rambut kucing akan terlihat lebih rapi, terhindar dari kutu dan penyakit kulit, serta penampilannya tetap terjaga meski sedang kurang sehat.

3. Hindari Asupan yang Dapat Merusak Rambut Kucing

Kucing kesayangan di rumah PetLovers juga ternyata punya “pantangan makanan” supaya rambutnya tidak rontok, lho. Salah satu makanan yang harus dihindari adalah telur mentah, karena adanya bakteri salmonella di dalamnya. Konsumsi telur mentah dalam jangka waktu yang lama dan jumlah yang banyak berisiko menyebabkan kucing mengalami peradangan pada kulit, rambut rontok, hingga pertumbuhan yang buruk karena kekurangan biotin. Oleh sebab itu, sebaiknya PetLovers memberikan makanan kucing untuk bulu atau rambut yang tepat, juga berkonsultasi dengan dokter hewan dalam pemberian makanan kucing untuk bulu atau rambut kucing yang berkilau dan lebat.

Itu dia tiga hal yang bisa PetLovers pelajari dan pahami ketika memberikan makanan kucing untuk bulu atau rambut kucing agar sehat dan berkilau. Jadi, selain mengatur pola makan dan jadwal grooming, pastikan juga makanan yang dikonsumsi kucing kesayangan penuh nutrisi untuk tubuh dan juga rambutnya, seperti Pro Plan Adult Derma Plus, yang tersedia dalam varian dry food maupun wet food dengan rasa salmon yang disukai kucing. 

 

12

Optiderma dalam Pro Plan Adult Derma Plus terbukti secara ilmiah dapat mencegah terbentuknya hairball atau gumpalan rambut dalam saluran cerna berkat kandungan serat pangan inulin yang dipilih secara khusus untuk sistem pencernaan kucing. Pro Plan Adult Derma Plus juga membantu menguatkan rambut kucing sehingga mengurangi kerontokan dengan kandungan protein, omega 3, omega 6, zink, vitamin A, dan vitamin B kompleks di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan Pro Plan Adult Derma Plus varian dry food maupun wet food di official store Pro Plan di Shopee di sini.