Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik

Ditulis oleh: Drh Lynn Kurniawan

Jenis-jenis makanan kucing banyak terjual di pet shop. Tapi bagaimana menentukan makanan kucing terbaik? Sebelum membahas tentang cara memilih makanan kucing paling bagus, saya ingin membahas tentang perubahan siklus hidup kucing yang sangat berkaitan dengan pola makan & hidupnya.

Perubahan Siklus Hidup Pada Kucing

Dulunya, kucing termasuk hewan liar. Tapi, kurang lebih mulai 10.000 tahun yang lalu, kucing sudah didomestikasi (proses penjinakan hewan buas menjadi hewan peliharaan).

Bersamaan dengan proses domestikasi, manusia telah banyak memodifikasi rupa dan pola hidup hewan ini. Hidup menjadi lebih mudah bagi kucing karena makanan kucing selalu tersedia dan mudah diakses, kualitas pakan meningkat, dan kucing hidup aman dari predator.

Akibatnya, kualitas dan harapan hidup kucing domestik meningkat. Kucing domestik bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan nenek moyangnya yang hidup di alam liar. Di sisi lain, energi yang dibutuhkan kucing domestik untuk bertahan hidup berkurang karena mereka tidak lagi perlu berburu dan menghindari mangsa.

Pentingnya Memberikan Makanan Bernutrisi

Nah, dua perubahan di atas (proses pencarian makanan yang lebih mudah & energi yang lebih sedikit dikeluarkan) membuat kucing butuh manajemen pakan yang tepat untuk mencegah obestias.

Baca: Cara Mengukur Berat Badan Ideal Pada Kucing

Selain itu, kucing membutuhkan makanan kucing yang baik dan nutrisi yang seimbang agar bisa hidup dengan sehat. Pemberian pakan dengan kualitas baik dan lengkap dapat mengurangi penyakit terkait nutrisi dan meningkatkan harapan hidup kucing.

Sebaliknya, pemberian pakan yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan nutrisi.

Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Makanan Kucing

Setelah PetLovers tau pentingnya makanan bernutrisi untuk kucing, sekarang saatnya PetLovers cari tau tips memilih makanan terbaik untuk kucing. Apa saja sih yang harus dipertimbangkan dalam memilih makanan kucing paling bagus?

  1. Cek Kebutuhan Kucing

Kebutuhan pakan hewan bergantung pada jenis hewan, usia, ras/ukuran, aktivitas, jenis kelamin, status sterilisasi, lokasi tempat tinggal, serta kebutuhan individual. Masing-masing kucing yang ada di kategori ini, punya kebutuhan yang berbeda, jadi makanannya hariannya pun harus menyesuaikan.

  1. Cek Kandungan Nutrisinya

Selain soal kebutuhan kucing, yang terpenting lagi adalah kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan kucing tersebut. Pastikan makanan kucing kamu mengandung energi, protein, asam amino, vitamin, mineral, ion, asam lemak, karbohidrat, dan serat.

  1. Cek Kandungan Taurine

Kucing merupakan karnivora obligat, artinya mereka memerlukan pakan dengan kandungan protein tinggi untuk memenuhi semua kebutuhan vitamin dan asam amino mereka. Salah satu asam amino vital yang diperlukan oleh kucing dari makanan harian mereka adalah taurine.

Beberapa Kesalahan dalam Memberikan Makanan Kucing

Untuk melengkapi informasi dalam artikel ini, berikut beberapa contoh pemberian pakan yang tidak seimbang untuk kucing beserta alasannya:

  1. Memberi hanya satu jenis pakan “rumahan”. Kucing yang hanya diberi daging cincang bisa terkena defisiensi kalsium dan hiperparatiroid sekunder.
  2. Pemberian ikan air tawar mentah yang berlebih. Ikan air tawar mentah mengandung antagonis thiamine yang dapat menyebabkan defisiensi thiamine pada kucing.
  3. Pemberian pakan anjing. Kandungan vitamin A, asam arachidonate, dan taurine dalam pakan anjing tidak cukup untuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Selain itu, kucing juga membutuhkan asupan lemak, protein, asam amino arginine, dan vitamin niacin dan pyridoxine yang lebih tinggi dibandingkan dengan anjing. 

Salah satu produk makanan kucing yang memberikan nutrisi seimbang untuk kucing adalah PRO PLAN. PRO PLAN dibuat dari bahan-bahan terpilih berkualitas yang mudah dicerna oleh kucing. Produk PRO PLAN tersedia untuk anak kucing (kitten), kucing dewasa, dan kucing senior. Untuk kucing dewasa, produk PRO PLAN dikategorikan lagi sesuai dengan kebutuhan individu kucing, seperti Pro Plan Derma Plus yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mengontrol pembentukan hairball, Pro Plan Adult untuk membantu melindungi ginjal dari kerusakan oksidatif dan membantu mengurangi inflamasi, Pro Plan Sterilized/Weight Loss untuk mencegah peningkatan berat badan pada kucing yang sudah dikebiri, Pro Plan Delicate untuk kucing dengan pencernaan yang sensitif dan pemilih, dan Pro Plan Housecat untuk menjaga kesehatan kucing indoor dan membantu mengurangi bau kotoran kucing.

Baca: Cara Membedakan Manfaat Pro Plan House Cat & Pro Plan Derma Plus   

Sumber:

MSD Veterinary manual

Merck Veterinary Manual

Factsanddetails.com

Purina.com