Cara Memandikan Kitten Persia dan Perawatan yang Harus Diperhatikan

Saat memutuskan mengadopsi kitten persia, berarti PetLovers harus rajin membaca tips seputar perawatannya. Hal ini karena kitten persia mempunyai kebutuhan khusus, terutama di bagian bulunya. Untuk itu, PetLovers harus mengerti cara memandikan kitten persia yang tepat.

Apakah cara memandikan kucing persia lebih sulit daripada ras kucing lainnya? Tidak kok! Tapi untuk beberapa hal, memandikan kucing persia harus dilakukan lebih teliti. Bagaimana caranya?

Sisir Bulunya Terlebih Dahulu

Terkesan sederhana, tapi menyisir bulu kitten persia sebelum mandi mencegah penggumpalan bulu saat terkena air. Berapa kali memandikan anak kucing persia? Di awal memeliharanya, PetLovers sebaiknya memandikannya rutin seminggu sekali selama satu bulan agar kitten persia terbiasa dengan aktivitas ini sehingga PetLovers tidak kesulitan saat memandikannya ketika usianya sudah dewasa.

Gunakan Air Hangat

Secara alami, kucing memang kurang bersahabat dengan air. Untuk itu, ketika PetLovers ingin memandikannya, lebih baik menggunakan air hangat agar kitten persia tidak terlalu kaget.

Bagian yang Harus Diperhatikan

Bulunya yang lebat mengharuskan PetLovers untuk memerhatikan beberapa bagian tubuh saat memandikan kitten persia. Seperti bulu di bagian bawah telinga atau sekitar tengkuk karena biasanya di dua bagian tubuh ini terdapat banyak minyak.

Selain itu, PetLovers juga harus berhati-hati saat menyiram bagian mata dan hidung. Jika busa shampo mengenai bagian mata kitten persia, bisa membuatnya menolak saat akan dimadikan di minggu berikutnya.

Pemilihan Sisir

Tips ini sebenarnya masih dalam satu rangkaian cara memandikan kucing persia. Setelah memandikan, PetLovers harus mengeringkan bulunya. Dalam hal ini, PetLovers harus memilih sisir yang tepat.

Biasanya, sisir yang tepat untuk kitten persia adalah sisir kawat dengan panjang satu inci yang memungkinkan untuk menjangkau lapisan bawah bulu persia. Berbeda dengan anak kucing lainnya, kitten persia butuh disisir setiap hari dengan durasi 10 – 15 menit. 

Perawatan Mata

PetLovers yang mempunyai kucing persia pasti sudah paham dengan kondisi mata persia yang sering berair. Jika PetLovers sering membiarkannya, akan mengganggu kenyamanan kucing itu sendiri.

Jadi, selain menyisir bulu, perawatan mata pun harus dilakukan setiap hari. Gunakan kapas yang sudah dicelupkan air hangat. Bersihkan kerak dan kotoran yang sudah mengeras di bagian bawah mata.

Pilihan Makanan

Kenapa pemilihan makanan penting? Karena menjaga bulu kitten persia tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga harus dari dalam, yakni dengan pemenuhan nutrisi. Jika kucing kamu masih dalam periode usia kitten, PetLovers bisa memberikan PRO PLAN Kitten dengan formula OPTISTART yang memberikan gizi seimbang sekaligus menjaga kekebalan tubuhnya. Selain itu, juga mampu menyehatkan mata lho.

Jika kucing persia kamu sudah masuk usia dewasa, PetLovers bisa memberikan PRO PLAN Derma Plus dengan bahan salmon yang menjaga kesehatan kulit & membuat bulu lebih berkilau.

So, sudahkah PetLovers memberikan perawatan secara spesifik untuk kucing kamu? Mudahkan diri kamu dalam menjaga kesehatan kitten persia & ras lainnya dengan memberikan PRO PLAN sejak periode awal pertumbuhannya.