Bolehkah Anak Kucing Dimandikan Setelah Lahir?

 

Photo Credit: Pexels

Dalam merawat kucing, pasti ada banyak pertanyaan yang dimiliki PetLovers. Salah satunya adalah bolehkah memandikan anak kucing setelah lahir. Sebagian besar para ahli maupun dokter hewan berpendapat bahwa sebaiknya PetLovers jangan memandikannya, kecuali dalam kondisi tertentu yang benar-benar mengharuskannya untuk mandi. Itu pun harus dengan langkah yang hati-hati.

Dalam artikel ini akan diulas mengenai pertanyaan seputar memandikan anak kucing setelah lahir tersebut. Termasuk apa saja dampaknya bagi si anak kucing, usia kapan mereka mulai boleh dimandikan, termasuk pula cara memandikannya dengan benar (cek cara memandikan kitten di sini). Dengan begini, kucing kesayangan di rumah pun selalu nyaman.

Dampak yang akan dialami oleh anak kucing

Ketika anak kucing baru lahir, mereka biasanya masih dalam kondisi yang rapuh, terutama bagian kulitnya. Anak kucing terlalu rentan dan kerap kali mengalami alergi akibat lingkungan sekitarnya dalam kondisi tertentu. Begitu juga dengan sistem tubuhnya yang belum berkembang secara sempurna.

Bila PetLovers memandikan kucing setelah melahirkan dengan kondisi seperti di atas, maka akan menimbulkan dampak buruk baginya. Kulit anak kucing yang sensitif akan mudah melepuh bila dimandikan dengan air hangat. Meskipun menurut kita suhunya tidak terlalu panas, tetap saja akan membuat kulitnya melepuh.

Begitu juga ketika memandikannya dengan air dingin. Di usia yang belum mampu mengatur suhu tubuh secara sempurna, dikhawatirkan anak kucing akan mengalami hipotermia. Tidak cukup sampai di situ, membersihkannya menggunakan sabun atau sampo khusus kucing juga akan berdampak buruk, yakni menyebabkan kulitnya menjadi ruam dan anak kucing merasa kesakitan. Walaupun kucing sedikit kotor, sebaiknya membersihkannya cukup dengan dilap saja menggunakan handuk bersih.

Usia yang pas untuk memandikan anak kucing

Lantas, sejak usia berapakah anak kucing boleh dimandikan? Melansir dari laman The Nest yang mengutip Animal Network Compassion, sebaiknya PetLovers memandikan anak kucing kesayangan saat usianya masuk pada delapan minggu atau dua bulan. Dalam usia ini, kekebalan tubuh anak kucing mulai kuat dan bisa dimandikan dengan air hangat maupun dingin. Ingat, suhu air pun perlu diperhatikan saat memandikannya.

Namun, bila usianya belum genap dua bulan atau empat minggu, semisalnya 1.8 bulan, memandikannya cukup dengan mengelapnya menggunakan tisu basah. Basuhlah secara perlahan tubuh bulu kucing kesayangan secara merata agar semua kotoran terangkat. Jangan menyiramnya karena ini bisa membuat anak kucing tidak nyaman bahkan kesakitan.

Cara memandikannya

Agar tidak salah saat memandikan anak kucing yang baru berusia empat minggu atau dua bulan, sebaiknya ikuti tipsnya. Hal yang paling utama adalah pastikan kondisi anak kucing dalam keadaan sehat sebelum dimandikan dan tidak sakit. Selain itu, PetLovers juga perlu memperhatikan waktu memandikannya.

Waktu ideal untuk memandikan anak kucing lebih baik dilakukan pada pukul 10.00 sampai 16.00. Karena bila memandikannya sebelum atau di atas jam tersebut, udara akan menjadi lebih dingin. Tentu ini akan berpengaruh bagi anak kucing tersebut.

Melansir laman Pet MD, untuk air yang digunakan, jangan lupa perhatikan suhunya agar sesuai dengan suhu tubuh anak kucing. Jangan terlalu panas ataupun dingin. Basuhlah secara perlahan dan jangan masukkan ke baskom atau ember karena akan menyiksanya. Basahi anak kucing secara perlahan. Setelah bersih, keringkan dengan handuk. Perlu diingat pula, hendaknya pilih sampo yang khusus untuk kucing.

Jangan lupa penuhi asupannya

Anak kucing yang baru lahir membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar sehat. Pasalnya, salah satu penyebab hipotermia anak kucing adalah kurangnya asupan nutrisi selain karena terkena air dingin saat dimandikan. Untuk itu, dalam memenuhi asupannya, ada baiknya PetLovers memberinya makanan kucing berkualitas seperti PRO PLAN Kitten. Makanan kucing yang mengandung kolostrum juga penting untuk menjaga sistem imunnya dan terlindung dari segala macam penyakit. Kini, untuk belanja PRO PLAN secara online, kamu bisa mengunjungi Purina Official Shop di Shopee atau Purina Store di Blibli.

 

Berdasarkan ulasan di atas, PetLovers sekarang sudah tahu kalau anak kucing yang baru lahir sebaiknya jangan dimandikan dahulu. Jika keadaan mendesak PetLovers untuk memandikan anak kucing, lakukan dengan ekstra hati-hati agar ia tidak merasa kesakitan.