Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Anak Kucing

Tahukah kamu, PetLovers, bahwa anak kucing membutuhkan perhatian penuh dari induknya. Selain dari induk, kita sebagai pemilik kucing harus tau cara merawat anak kucing yang baru lahir tanpa mengurangi perhatian terhadap induknya juga. Oleh karena itu, penting sekali memahami cara merawat anak kucing sejak hari-hari pertama dia lahir hingga anak kucing tersebut dapat disapih dari induknya. 

Untuk memudahkan memahami perawatan anak kucing, yuk simak beberapa info berikut.


Memahami Pertumbuhan Anak Kucing

Anak kucing mengalami banyak perubahan pada tubuhnya saat tumbuh besar. Perubahan seperti apa yang perlu PetLovers ketahui? Berikut beberapa perkembangan anak kucing di periode tiga bulan pertama. 

  • Minggu Pertama - Ketiga

Saat baru lahir, lubang telinga dan mata anak kucing masih tertutup. Mereka mengandalkan indra penciuman dan peraba untuk mencari puting susu induknya. Oleh karena itu PetLovers perlu memperhatikan induk agar selalu berada dekat dengan anaknya yang baru lahir. Di minggu pertama, anak kucing sangat bergantung pada induk mereka. Ketika sudah masuk minggu kedua, kelopak mata anak kucing mulai terbuka, walaupun indra penglihatan anak kucing masih belum sempurna. Di minggu ketiga, lubang telinga sudah mulai terbuka dan beberapa anak kucing sudah mulai tumbuh gigi susu. Ya PetLovers, anak kucing pun juga tumbuh gigi susu seperti manusia.

  • Minggu Keempat - Keenam

Pada minggu keempat, mereka mulai menjelajah lingkungan sekitarnya, tapi dengan jarak aman yakni tidak terlalu jauh dari induknya. Di usia ini, anak kucing PetLovers bisa mulai diberikan makanan kering yang sudah dilembutkan dengan air hangat.

Pada minggu kelima dan keenam, mereka mulai aktif bermain. Ketika mereka sudah mulai aktif, PetLovers harus lebih sering berinteraksi untuk membangun ikatan emosional dengan anak kucing tersebut.

  • Minggu Ketujuh - Kesepuluh

Saat usia mereka sudah lebih dari satu bulan, cara merawat anak kucing yang bisa dilakukan adalah memerhatikan asupan nutrisi karena mereka mulai sangat aktif. Perhatikan juga kebersihan area bermain, termasuk juga cek kuku anak kucing. Memotong kuku dapat mencegah anak kucing untuk melukai diri sendiri maupun anak kucing lain. 

Selain itu, PetLovers juga bisa merawat anak kucing dengan membersihkan rambut mereka. Ini juga sangat penting karena rajin menyisir rambut dapat menjaga kulit dan rambutnya tetap sehat, khususnya kucing ras rambut panjang.

Kapan Anak Kucing Boleh Diberi Makan (Selain Susu dari Induknya)?

Ingat, PetLovers. Selama setahun pertama, anak kucing mengalami banyak pertumbuhan. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi mereka pun berbeda dari kucing dewasa. Jadi yang bisa dilakukan dalam cara merawat anak kucing yang baru lahir adalah dengan memahami kebutuhan nutrisi mereka.

Pada usia tiga hingga empat minggu, anak kucing sudah bisa diberikan sumber makanan lainnya (selain susu dari induknya). PetLovers bisa memberikan Pro Plan Kitten, dengan cara kibble dilembutkan dengan air hangat sampai teksturnya seperti bubur.

Untuk anak kucing usia 3-4 minggu, bisa diberikan makanan kering yang dilembekkan dengan air hangat dengan takaran 1:2 (1 bagian makanan kering : 2 bagian air hangat). 

Setelah 6 hingga 8 minggu, PetLovers bisa mengurangi jumlah air untuk melembutkan makanan kering tersebut hingga akhirnya di atas usia 8 minggu anak kucing tersebut bisa diberikan dry food tanpa harus dilembekkan.

Selain makanan kering dilembutkan, PetLovers pun bisa memberikan Pro Plan Wet Kitten yang tersedia dua rasa, Salmon dan ayam. 

Pro Plan Kitten kaya akan nutrisi di mana di dalamnya terkandung protein 40%, lemak 20% hingga energi metabolis 3.91 kcal/g serta DHA 0.02 % untuk perkembangan mata dan syaraf. Selain itu, makanan kering Pro Plan Kitten juga mengandung kolostrum yang terbukti membantu memperkuat imunitas dan kesehatan pencernaan anak kucing. Lebih detail tentang manfaat Pro Plan Kitten, bisa PetLovers lihat di gambar berikut:
cara merawat anak kucing yang baru lahir

Informasi produk lebih lengkap bisa dilihat di link berikut: Pro Plan Kitten.

Pro Plan Kitten

Setelah memahami cara pemberian makan, selanjutnya cara merawat anak kucing yang baru lahir adalah dengan mengenali tips agar anak kucing lebih dekat dengan pemiliknya.

 

Agar Anak Kucing Lebih Dekat dengan Pemiliknya

Sebagai informasi, anak kucing yang masih ada induknya, lebih mudah menjalin kedekatan dengan manusia daripada anak kucing yang sudah dipisahkan dari induknya.

Sering berinteraksi dengan anak kucing, sangat berpengaruh pada kedekatan emosional. Mereka jadi tidak gampang takut ketika dekat dengan pemiliknya. Untuk itu, cobalah untuk memegang anak kucing, berikan sentuhan di bagian kepalanya. Akan tetapi, sebelum melakukan hal ini, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu, PetLovers. Begitu pun setelah kontak dengan anak kucing. 

Bagaimana, PetLovers? Sudah cukup tau cara merawat anak kucing yang baru lahir? Selalu berikan nutrisi terbaik untuk mereka agar tidak gampang sakit. Usahakan untuk rutin konsultasi dengan dokter hewan jika terjadi masalah pada anak kucing kamu.