Apa Makanan Kucing Umur 1 Bulan yang Paling Tepat?

Bagi PetLovers yang memiliki anak kucing berusia satu bulan pasti salah satu hal yang dipertanyakan adalah apa makanan kucing yang bisa diberikan? Sebelumnya, perlu dipahami jika asupan terbaik untuk anak kucing di usia tiga minggu pertama kehidupannya adalah susu induknya. Air susu induk mengandung banyak nutrisi yang penting bagi ketahanan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Biasanya di akhir minggu pertama, anak kucing yang baru lahir berat badannya kian bertambah hingga dua kali lipat dan tumbuh sangat cepat. Di usianya yang menginjak 2 minggu, anak kucing baru bisa membuka matanya, walaupun penglihatannya masih belum jelas.

Bila sudah melewati usia 4 minggu, baru bisa diberikan makanan pendamping air susu. Meski demikian, asupan energi anak kucing masih bergantung pada susu induknya sampai 7 hingga 8 minggu. Jangan lupa juga untuk bantu anak kucing memperoleh akses ke makanan yang dimakan oleh induknya. Hal ini penting agar bisa mempermudah proses penyapihan nantinya dan menghindari anak kucing stres.

Apa makanan kucing usia 1 bulan? PetLovers bisa mulai memperkenalkan makanan yang mudah dikunyah dan lembut.  Bisa juga beri makanan kering yang sudah dilembutkan atau makanan basah yang bernutrisi. Bila sudah berusia 6 hingga 7 minggu, anak kucing biasanya sudah mampu mengunyah makanan kering dan tidak perlu dilembutkan atau dilunakkan terlebih dahulu. Saat memberikan makanan pada anak kucing, pastikan kondisinya dalam keadaan segar saat ingin dimakan anak kucing. 

Memilih makanan anak kucing tidak bisa sembarangan, harus diberikan makanan yang bernutrisi tinggi untuk mendukung tumbuh kembang anak kucing. Apa nutrisi yang harus ada pada makanan anak kucing? Pastikan yang mengandung protein tinggi, serat, DHA, dan antioksidan yang bagus untuk pertumbuhan gigi, tulang, otak, dan pencernaannya. Pastikan juga ada kandungan vitamin C dan vitamin E yang bisa menjaga kekebalan tubuh anak kucing.

Salah satu rekomendasi makanan anak kucing adalah Pro Plan Wet Kitten yang memiliki dua varian rasa, yakni Ayam dan Salmon.  Dua makanan ini dikhususkan bagi anak kucing yang berumur 4 minggu – 1 tahun. Di dalam Pro Plan Wet Kitten terdapat beberapa kandungan penting seperti antioksidan untuk mendukung kekebalan tubuh selama masa pertumbuhan pada anak kucing dan DHA untuk perkembangan otak dan mata, serat inulin yang bantu dukung proses penyerapan nutrisinya, serta nutrisi esensial yang mendukung kesehatan gigi, tulang, dan perkembangan ototnya.

Apa makanan kucing

Pro Plan juga masih memiliki berbagai varian lain untuk kucing dewasa dan juga kucing senior. PetLovers bisa mengetahui apa makanan kucing lainnya dan berbagai informasi terkait tips dan artikel terkait kucing di sini.

Cara Memberi Makan Anak Kucing

Setelah mengetahui apa makanan kucing usia 1 bulan, sekarang PetLovers juga harus tahu bagaimana cara memberi makan anak kucing. Perlu dipahami jika kucing termasuk hewan yang memiliki rutinitas. Sehingga PetLovers harus mengatur rutinitas untuk anak kucing kesayangan. 
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberikan makan anak kucing:

  1. Pastikan setiap hari beri makan anak kucing diwaktu dan tempat yang sama dan tenang, jauh dari keramaian serta jauh dari tempat kotorannya.
  2. Pastikan pilih wadah atau mangkuk yang bersih dan mudah dibersihkan serta yang terbuat dari stainless steel atau keramik.
  3. Bila memiliki lebih dari satu anak kucing, letakkan wadah makannya tidak berdekatan satu sama lain agar tidak berkelahi atau bisa juga pertimbangkan area makan yang terpisah bila memang suka berkelahi.

Semoga informasi di atas bisa membantu PetLovers mengetahui apa makanan kucing satu bulan dan bisa memberikan makanan yang terbaik untuknya, ya. Pastikan juga selalu konsultasikan kesehatan anak kucing PetLovers dan nutrisi yang dibutuhkannya dengan dokter hewan. 

Jika PetLovers memiliki pertanyaan mengenai cara pemberian makanan ataupun produk, bisa menulis pertanyaan ke halaman Tanya Ahli kami di sini.