5 Pertanyaan Populer Seputar Perawatan Bulu Kucing

Pernahkah PetLovers punya pertanyaan seputar bulu kucing? Pernahkah PetLovers Googling untuk mencari tau penyebab bulu kucing rontok?

Rambut kucing, atau biasa disebut juga dengan bulu kucing, memang jadi bagian sangat penting. Wajar jika banyak PetLovers yang punya pertanyaan seputar masalah rambut yang dialami kucingnya. Mulai dari cara perawatan hingga proses penyembuhan jika sudah terjadi kerontokan.

Agar PetLovers semakin punya banyak bekal seputar cara merawat bulu kucing, berikut beberapa pertanyaan (beserta jawaban) yang sering ditanyakan PetLovers seputar perawatan rambut kucing.

Apa saja?

Apa makanan agar rambut kucing sehat?

FYI, PetLovers. Salah satu sel di dalam kulit kucing punya membran yang terdiri dari protein dan lemak. Jika nutrisi kurang, maka membran akan lemah sehingga bakteri & virus mudah masuk. Dari sini, peran makanan tidak bisa disepelekan.

Makanan yang baik membuat kulit & rambut kucing ternutrisi dengan baik. Sebaliknya, makanan yang hanya mengenyangkan tapi tidak mengandung nutrisi yang cukup, bisa jadi penyebab bulu kucing rontok.

Biasanya makanan yang baik mengandung asam lemak omega 6 & 3. Bagaimana ciri-ciri lengkap makanan yang baik untuk bulu kucing? PetLovers bisa menyimaknya di artikel Makanan Kucing Paling Bagus untuk Kesehatan Rambut.

Apa penyebab kerontokan rambut?

Selain karena makanan, bisa juga karena faktor luar. Seperti ketika kucing PetLovers terbiasa bermain di luar tanpa pengawasan. Sehingga memungkinkan dia berantem dengan kucing liar. Gigitan kucing lain bisa menyebabkan nanah dan mengakibatkan kerontokan rambut.

Di sisi lain juga bisa disebabkan jamur. Lalu apa lagi? PetLovers bisa menyimak macam-macam penyebab kerontokan rambut kucing pada artikel Kenapa Bulu Kucing Rontok?

Penting kah menyisir rambut kucing?

Ini juga salah satu pertanyaan penting yang sering disampaikan PetLovers. Menyisir rambut memang terkesan sederhana, tapi jika tidak dilakukan secara rutin, ada efeknya juga buat rambut kucing PetLovers.

Tapi sebenarnya, sepenting apa sih menyisir rambut untuk mencegah kerontokan pada bulu kucing? PetLovers bisa menyimak jawabannya di artikel Pentingnya Menyisir Rambut Pada Kucing.

Bagaimana perawatan rambut kucing yang tepat?

Perawatan rambut sebenarnya tidak akan jauh-jauh dari kebiasaan grooming. Agar rambut kucing tetap terawat dengan baik, pastikan rajin melakukan grooming basah dan grooming kering.

Apa itu? Yuk kenali lebih jauh grooming basah & grooming kering untuk merawat rambut kucing kamu di artikel Cara Merawat Rambut Kucing yang Benar.

Kenapa rambut bagian atas mata & telinga rontok?

Problem ini lebih spesifik dibanding masalah rambut kucing sebelumnya. Di mana kerontokan terjadi hanya pada bagian tertentu, seperti di atas mata & di area telinga.

Secara medis, problem ini disebut dengan facial alopecia. Apa itu? Bagaimana mengatasinya? PetLovers bisa membacanya lebih lengkap di Mengenali Kerontokan Rambut di Atas Mata & Telinga.

***

Bagaimana PetLovers, di antara lima pertanyaan di atas, mana yang sering PetLovers keluhkan?

Btw, seperti yang dijelaskan sebelumnya, perawatan rambut kucing yang baik adalah ketika kebutuhan nutrisi kucing terpenuhi dari dalam. Sebagai solusi atas masalah rambut kucing, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Derma Plus yang tidak hanya mencegah kerontokan dan memperbaiki rambut, tapi juga mengurangi hairball. Klik Pro Plan Derma Plus untuk mengenali produknya.