5 Cara Terbaik Mengobati Kucing yang Terserang Flu

Menjaga kucing kesayanganmu tetap sehat tentu sangat penting kan, PetLovers? Oleh karena itu, penting bagimu untuk memantau kondisi kesehatannya dari waktu ke waktu. Waspadalah ketika kucingmu menunjukkan gejala sering bersih, hidung berlendir, mata yang terlihat merah dan berair, karena itu bisa jadi tanda-tanda kucingmu terserang flu. Jangan abaikan gejala-gejala tersebut dan segera obati kucingmu jika ia mengalami flu. Bagaimana caranya?

Bersihkan mata, tubuh, dan hidung kucingmu

Ketika sedang flu, tubuh, mata, dan hidung kucing akan kotor atau berlendir. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap menjaga kebersihan setiap bagian tubuhnya tersebut. Bagian mata dan hidung kucing yang sedang flu lebih sering mengeluarkan kotoran karena mengalami peradangan. Jadi, kamu harus lebih rajin membersihkannya. Jika malas, mata dan hidung kucing kesayanganmu bisa jadi tersumbat oleh kotoran dan menyiksanya.

Hindari memandikannya

Kamu memang harus menjaga kebersihan kucing kesayanganmu khususnya ketika ia sedang flu, namun jangan memandikannya (cek cara memandikan kucing yang benar di sini). Tubuh kucing yang terserang flu harus tetap hangat, memandikannya hanya akan memperparah kondisinya. Bersihkanlah kucingmu menggunakan lap yang sudah dibasuh dengan air hangat. Lakukan secara menyeluruh agar kuman-kuman di dalam tubuhnya terhapus dan kucing PetLovers bisa cepat sembuh.

Berikan kucing waktu istirahat yang cukup

Layaknya manusia, kucing juga butuh waktu yang cukup untuk beristirahat, khususnya ketika tengah flu. Dengan beristirahat yang cukup, kucing akan lebih cepat pulih dan sembuh. Perhatikan tempat tidur kucing karena biasanya kucing yang tengah flu atau sakit akan lebih sensitif dengan tempat istirahatnya. Pastikan kucing PetLovers beristirahat di tempat yang bersih dan bebas lembap agar ia dapat beristirahat dengan tenang dan tanpa gangguan.

Jemur kucing selama beberapa waktu

Salah satu penyebab kucing terserang penyakit adalah karena kuman. Kamu bisa membunuh kuman-kuman yang menyebabkan kucing sakit dengan menjemurnya selama beberapa saat. Menjemur kucing akan membantu menghangatkan tubuhnya. Jemurlah kucingmu di pagi hari sekitar pukul 8-9 selama 10-15 menit saja, tidak perlu lama-lama. Sinar matahari pagi sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Berikan ia makanan yang bernutrisi

Menjaga kucingmu tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi juga sangat baik untuk membuatnya lebih cepat sembuh dan kembali sehat. Berikanlah ia makanan bernutrisi dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya dan membuatnya kembali ceria. Apalagi saat tengah sakit, kucing membutuhkan nutrisi yang jauh lebih besar. Berikanlah ia makanan dengan kandungan vitamin B agar ia kembali sehat dan bersemangat.

Itulah cara mengatasi kucing flu yang harus kamu ketahui, PetLovers. flu memang bukanlah penyakit yang berbahaya, namun tidak ada salahnya jika kamu mengetahui cara merawat dan mengobatinya, kan? Jangan lupa berikan ia nutrisi yang mencukupi dengan memberinya PRO PLAN Adult Cat yang enak dan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, kucing kesayanganmu dijamin akan sehat kembali. Yuk beli PRO PLAN di Purina Official Shop di Shopee atau Purina Store di Blibli.