4 Tips Cara Mudah Melatih Kucing Menjadi Penurut

Sebenarnya, tidak sulit untuk melatih kucing menjadi penurut. Tapi dengan syarat PetLovers tau tipsnya dan sabar dalam menerapkan tips tersebut. Apa saja yang harus PetLovers lakukan jika ingin membuat kucing jadi penurut?

  1. Gunakan bunyi-bunyian

Cara melatih kucing yang terakhir adalah dengan menggunakan bunyi-bunyian. PetLovers juga dapat menggunakan bunyi-bunyian ketika mendapati kucing sedang bandel.

Misalnya ketika kucing menggigit dan menyakar, gunakan suara nyaring seperti misalnya tepukan tangan yang keras atau suara mendesis agar kucing menjadi kaget dan berhenti. Dengan melakukan hal ini, kucing akan mengerti konsekuensi bandel dan tidak melakukannya lagi di kemudian hari.

  1. Latihan perilaku

Jika kucing melakukan hal yang PetLovers benci, ada baiknya melatih kucing untuk menghindari perilaku tersebut. Contohnya ialah ketika kucing menggaruk furnitur di rumah hingga rusak. Hal pertama yang harus PetLovers lakukan ialah menemukan alasan mengapa kucing melakukan perilaku tersebut.

Penting untuk diketahui, bahwa menggaruk ialah sifat alami kucing yang tidak bisa dihilangkan. Ketika tidak ada yang bisa digaruk, maka kucing akan menggaruk apa saja termasuk furnitur di rumah.

PetLovers dapat menyelesaikan masalah ini dengan menyediakan tiang garukan yang dapat dibeli di petshop. Hindari menghukum kucing dengan bentakan atau pukulan karena akan menakuti kucing hingga mereka stres. Sebaliknya, berikan hadiah ketika mereka menggunakan tiang garukan dengan memberikan sedikit PRO PLAN Adult yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing senior.

  1. Melatih menggunakan bak pasir

Cara melatih kucing menggunakan bak pasir tidaklah terlalu sulit. Karena kucing merupakan hewan bersih, mereka memiliki kecenderungan untuk mengubur kotorannya di suatu tempat.

Persiapkan satu bak pasir yang sudah diisi pasir kucing di tempat yang tenang dan aman. Letakkan kucing di dalam bak pasir tersebut untuk mengenalkan mereka dengan tempat buang kotoran yang baru. Jika PetLovers mendapati kucing buang kotoran sembarangan, letakkan kotoran tersebut di bak pasir sehingga kucing akan mengingat baunya dan akan buang kotoran selanjutnya di bak tersebut. Bersihkan bak pasir dari kotoran setiap harinya, karena kucing tidak suka buang hajat di tempat yang kotor.

  1. Berikan makanan yang tepat

Kucing yang hidup di dalam rumah memiliki kebutuhan asupan gizi yang berberda dengan kucing yang hidup di luar. PRO PLAN Adult memiliki formula khusus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi gigi dari plak hingga menjaga persendian.