4 Hal yang Pelu Diperhatikan Sebelum Mengganti Makanan Kucing

Semakin bertambah usia kucing, makanan yang biasa PetLovers berikan perlu disesuaikan. Anak kucing bisa diganti makanannya ke makanan kucing dewasa ketika usianya sudah mencapai 12 bulan agar mereka menerima nutrisi yang sesuai dengan tahapan usianya. PetLovers bisa lakukan secara perlahan proses transisi untuk mengubah makanan anak kucing ke makanan dewasa.

Cara Mengganti Makanan Anak Kucing ke Makanan Kucing Dewasa

Perlu dipahami jika kucing termasuk hewan yang mudah mengalami masalah pencernaan seperti muntah, diare, nafsu makannya berkurang, atau bahkan menolak makan bila makanannya diganti secara tiba-tiba. Maka dari itu, PetLovers harus mengenalkan kucing secara bertahap dari makanan yang dikonsumsi saat ini ke makanan baru, seperti yang tertera pada tabel berikut:

Jual Makanan kucing

Coba kurangi jumlah makanan kucing yang lama secara bertahap selama jangka waktu tujuh hari. Misalnya, di dua hari pertama, PetLovers beri makan kucing sebanyak 75% makanan yang saat ini diberikan dan 25% makanan baru. Di hari ketiga sampai empat, 50% makanan saat ini dan 50% makanan baru. Di hari kelima sampai enam, berikan 25% makanan saat ini dan 75% makanan baru. Di hari ketujuh beri kucing makanan baru sepenuhnya.

Selama proses mengganti makanan tersebut, PetLovers perlu perhatikan perilaku kucing dan apakah ada reaksi negatif pada kesehatan pencernaannya.

Tips Memberi Makanan Baru pada Kucing yang Beranjak Dewasa

  1. Sebelum melakukan transisi saat memberikan makanan baru pada kucing yang beranjak dewasa, baiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter hewan. Tujuannya agar makanan kucing yang PetLovers berikan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing kesayangan
  2. Berikan kucing makan di tempat yang tenang dan jauh dari kucing lainnya serta beri dia privasi
  3. Pastikan di dalamnya ada kandungan protein, serat, asam lemak, karbohidrat, mineral dan antioksidan, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan The Association of American Feed Control Officials (AAFCO). Kandungan-kandungan tersebut bisa membantu kucing semakin sehat, otot dan tulangnya semakin kuat serta rambut yang halus dan berkilau
  4. Simpan makanan kucing sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan kucing

Proses transisi memberi makan anak kucing ke kucing dewasa merupakan sesuatu yang harus dilalui oleh PetLovers yang memang sejak awal memelihara anak kucing. Dengan memerhatikan proses transisi yang dilalui kucing tersebut dan memilih makanan kucing yang berkualitas, akan membuat kucing semakin sehat dan aktif.

Sebagai rekomendasi, PetLovers bisa memilih Pro Plan yang mengandung nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan kucingmu. Pro Plan telah diformulasikan oleh lebih dari 500 peneliti melalui proses penelitian yang panjang dan terverifikasi. Salah satu produk Pro Plan yang bisa PetLovers pilih adalah Pro Plan Adult Chicken dan Pro Plan Adult Salmon yang diformulasikan secara spesifik untuk penggantian makanan kucing dewasa.

Jual Makanan Kucing - 4 Hal yang Pelu Diperhatikan Sebelum Mengganti Makanan Kucing

Saat ini, sudah banyak pet shop yang jual makanan kucing Pro Plan. PetLovers bisa kunjungi halaman di sini untuk tahu pet shop mana saja yang jual makanan kucing Pro Plan.  Untuk mendapatkan Pro Plan Adult Chicken dan Pro Plan Adult Salmon maupun produk lainnya yang dimiliki Pro Plan bisa cek langsung di pet shop terdekat atau langganan PetLovers.